Efektivitas Peran Orang Tua Terhadap Peningkatan Menghafal Surah Surah Pendek Pada Peserta Didik di TK Tunas Harapan 3

Aulia Fatikasari, Iskandar Yusuf

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua dalam mendukung peningkatan kemampuan anak dalam menghafal surah-surah pendek di TK Tunas Harapan 3. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis regresi linear sederhana, data diperoleh melalui penyebaran angket kepada orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap peningkatan hafalan anak. Nilai signifikansi sebesar 0,003 (lebih kecil dari 0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang nyata antara keterlibatan orang tua dan hasil hafalan anak. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,501 mengindikasikan bahwa 50,1% peningkatan kemampuan menghafal anak dipengaruhi oleh peran orang tua, sementara sisanya ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = -3,313 + 1,063X, yang berarti setiap peningkatan keterlibatan orang tua akan meningkatkan kemampuan hafalan anak sebesar 1,063 poin. Temuan ini menegaskan bahwa keterlibatan aktif orang tua merupakan elemen penting dalam membangun fondasi belajar Al-Qur’an sejak usia dini.

Keywords


Peran Orang Tua, Hafal Surah-Surah Pendek, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aulia Fatikasari, Iskandar Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License