Model Blended Learning pada Pendidikan Non Formal di Era Digital: Studi Literatur

Vio Lisna Putri Cahyani, Mintarsih Arbarini

Abstract


Pandemi covid-19 memaksa diterapkannya kebijakan social distancing yang berdampak pada peralihan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi online di semua jenjang pendidikan. Pembelajaran online dilakukan melalui berbagai platform digital seperti Google Classroom, Zoom, dan WhatsApp. Namun implementasi pembelajaran online menghadapi berbagai kendala seperti infrastruktur kurang memadai, rendahnya literasi digital, serta terbatasnya interaksi antara pendidik dan peserta didik. Pendidikan non formal juga mengalami kendala serupa ditambah dengan keterbatasan waktu belajar akibat tuntutan kerja. Sebagai solusi, model blended learning merupakan model pembelajaran yang tepat karena mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan online. Mengingat era digital dimana teknologi ikut andil dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Model blended learning juga tidak lepas dari integrasi berbagai teknologi. Blended learning dapat meningkatkan minat belajar dan kemandirian belajar peserta didik serta mendukung fleksibilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi, hambatan, tantangan, dan solusi blended learning di pendidikan non formal. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, data yang dikumpulkan berupa data sekunder melalui jurnal terindeks sinta dan jurnal internasional, kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data berupa metode analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa blended learning dapat diadaptasi di pendidikan non formal dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik. Meskipun tantangan seperti ketersediaan infrastruktur dan kesiapan pendidik maish perlu diatasi. Solusi yang dapat dilakukan meliputi penyediaan bahan ajar cetak dan pelatihan pengembangan media interaktif. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan strategi model pembelajaran yang lebih efektif khususnya pada pendidikan non formal. 

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning Amid the COVID-19 Pandemic? Studies in Learning and Teaching, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.33902/jpsp.2020261309

Aini, K. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.54065/jld.1.1.2021.7

Alammary, A. S. (2024). Optimizing Components Selection in Blended Learning: Toward Sustainable Students Engagement and Success. Sustainability (Switzerland) , 16(12). https://doi.org/10.3390/su16124923

Ambe, B. A., Agbor, C. E., Amalu, M. N., Ngban, A. N., Bekomson, A. N., Etan, M. O., Ephraim, I. E., Asuquo, E. E., Eyo, O. E., & Ogunjimi, J. O. (2024). Electronic media learning technologies and environmental education pedagogy in tertiary institutions in Nigeria. Social Sciences and Humanities Open, 9(October 2023), 100760. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100760

Arbarini, M., Rahmat, A., Ismaniar, Isa, A. H., & Siswanto, Y. (2022). Equivalency Education: Distance Learning and Its Impact in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 8(1), 12–22. http://dx.doi.org/10.15294/jne.v8i1.33932

Ariesta, D. D., & Shofwan, I. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Fresto Learning Pada Pendidikan Kesetaraan. Inovative: Journak Of Social Science Research, 4(4), 11281–11300. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13956

Arifin, A. Z., & Sari, Y. F. (2024). Blended learning as an alternative learning method to support the digital education era. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 9(2), 92–101. http://dx.doi.org/10.17977/um022v9i22024p92

Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Ayu, M., Utami, T., Shofwan, I., & Semarang, U. N. (2024). Pelaksanaan Evaluasi CSE-UCLA Pada Pembelajaran Blended Learning Program Pendidikan Kesetaraan. Jendela PLS, 9(1), 102–115. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1

Carman, J. (2005). Blended learning design: Five key ingredients. Agilant Learning, 1(11), 1-10. https://facilitateadultlearning.pbworks.com/f/Blended_20Learning_20Design_1028.pdf

Dakhi, O., Jama, J., & Irfan, D. (2020). Blended Learning: a 21St Century Learning Model At College. International Journal of Multi Science, 1(7), 50–65. https://multisciencejournal.com/index.php/ijm/article/view/92

Erwin, E., & Kuswandi, D. (2024). Tinjauan Pustaka: Model Pembelajaran Blended Learning Di Era Society 5.0. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 39–47. https://doi.org/10.24176/jino.v7i1.11553

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714

Hakim, K. M. I. A. R., Arbarini, M., & Raharjo, T. J. (2022). An Implementation of Online Blended Learning Training and Learning Management System in The Covid-19 Pandemic. Journal of Nonformal Education, 8(2), 249–256. https://doi.org/10.15294/jne.v8i2.37439

Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165

Hendrik, B. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiwa Melalui Penerapan Blended Learnig Pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrogaman I. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 3(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1156

Kopzhassarova, U., & Izotova, A. (2024). The Potential for the Development and Implementation of Blended Learning at the Universities of Kazakhstan. World Journal of English Language, 14(4), 328–335. https://doi.org/10.5430/wjel.v14n4p328

Kurniawan, R., Pramana, E., & Budianto, H. (2021). The Adoption of Blended Learning in Non-Formal Education Using Extended Technology Acceptance Model. Indonesian Journal of Information Systems, 4(1), 27–42. https://doi.org/10.24002/ijis.v4i1.4415

Lestari, I. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di TKIT Al Fatah. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(2), 120–127. https://doi.org/10.37640/jip.v13i2.1036

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Purnomo, P., Hadiapurwa, A., Wahyudin, U., & Pratama, Y. L. (2024). The Effectiveness of the Blended Learning Model on Artificial Intelligence Knowledge in Digital Competency Training for Non-Formal Education Teachers. 53(2), 205–212. https://doi.org/10.15294/lik.v53i2.11999

Sakina, R., Kulsum, E. M., & Uyun, A. S. (2020). Integrating Technologies in the New Normal: A Study of Blended Learning. International Journal of Quantitative Research and Modeling, 1(4), 181–193. https://doi.org/10.46336/ijqrm.v1i4.81

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Shantini, Y., Hidayat, D., Oktiwanti, L., & Mitsuru, T. (2021). Multilevel Design in the Implementation of Blended Learning in Nonformal Education Unit. Journal of Nonformal Education, 7(1), 55–64. https://doi.org/10.15294/jne.v7i1.27544

Siregar, H. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Pendidikan Kesetaraan Paket C Di PKBM Abdi Pertiwi Kota Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah E-Plus, 7(2), 122–131. https://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i2.17621

Syaifullah, S., Amin, N. S., Azmin, N., Nasir, M., & Bakhtiar, B. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 55–61. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2399

Zaeni, P., Hidayat, Dayat, & Syahid, Ahmad. (2021). Model Pembelajaran Blended Learningdi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Zahrotul Amalaiyah di Desa Kondang Jaya Kecamatan Karawang Timur. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah E-Plus, 6(2), 124–133. https://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v6i2

Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 251–262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.35




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Vio Lisna Putri Cahyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License