Analisis Karakter Jiwa Entrepreneurship Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning pada Peserta Didik Kelas XI F3 SMAN 1 Guguak

Uswatun Hasanah, Rahmadhani Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan karakter jiwa entrepreneurship peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Inquiry-Based Learning (IBL) pada kelas XI F3 SMAN 1 Guguak. Karakter jiwa entrepreneurship mencakup aspek seperti kepercayaan diri, tanggung jawab, inisiatif, kreativitas, serta keberanian mengambil risiko yang sangat penting dalam membentuk generasi adaptif dan inovatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen utama berupa angket berdasarkan 18 indikator entrepreneurship dari Amiri & Marimaei (2021), serta lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif menggunakan rumus N-Gain untuk mengukur peningkatan karakter peserta didik antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,4 yang termasuk kategori sedang. Peningkatan signifikan terjadi pada indikator Responsibility, Creativity, Time Competence, Ability to Learn from Mistakes, Commitment, dan Cooperativeness. Model IBL terbukti mendorong peserta didik untuk lebih aktif, reflektif, dan kolaboratif dalam proses pembelajaran yang kontekstual dan menantang. Dengan demikian, penerapan model IBL efektif dalam membentuk karakter kewirausahaan peserta didik secara menyeluruh. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dapat menjadi strategi yang relevan dalam penguatan karakter peserta didik dan sejalan dengan tuntutan Kurikulum Merdeka untuk menumbuhkan pelajar yang mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan global abad ke-21.

Keywords


Inquiry-Based Learning, jiwa entrepreneurship

Full Text:

PDF

References


Amiri, R., & Marimaei, M. R. (2021). Entrepreneurial personality traits and their measurement: A comprehensive framework. International Journal of Entrepreneurship and Innovation Management, 25(3), 211–225.

Ariyani, R., & Suparno. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 45–52. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i1.9605

Farida, I., Widodo, W., & Cahyani, N. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap karakter kewirausahaan dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i1.43521

Kurniawan, A., Yushardi, & Susilo, H. (2018). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa ekonomi menengah ke bawah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 79–87.

Lestari, A. D., & Wijaya, T. T. (2023). Pengembangan karakter kolaboratif dan kreatif siswa melalui pembelajaran sains berbasis inkuiri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(2), 112–120.

Mujahida, M. (2019). Dampak model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas peserta didik. Jurnal Pendidikan, 10(2), 65–73.

Nurfadilah, A., Nasruddin, & Syamsuddin, A. (2021). Peran media visual dalam meningkatkan partisipasi dan keberanian siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 185–195.

Oktaviani, R., & Rosana, D. (2019). Penggunaan video kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 130–138.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Puspitasari, A., & Wibowo, A. (2018). Analisis tingkat karakter kewirausahaan peserta didik SMA di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 14(2), 99–106.

Putra, D. N., Yuliati, L., & Anitah, S. (2019). Pengaruh inquiry-based learning terhadap kemampuan reflektif dan tanggung jawab siswa. Jurnal Pendidikan, 20(1), 24–32.

Sari, T. I., Cahyadi, A., & Nugraheni, R. A. (2020). Peningkatan karakter kewirausahaan melalui model inquiry-based learning. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 56–68.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 uswatun - hasanah, Rahmadhani - Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License