Analisis Karakter Jiwa Entrepreneurship Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning pada Peserta Didik Kelas XI F3 SMAN 1 Guguak
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiri, R., & Marimaei, M. R. (2021). Entrepreneurial personality traits and their measurement: A comprehensive framework. International Journal of Entrepreneurship and Innovation Management, 25(3), 211–225.
Ariyani, R., & Suparno. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 45–52. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i1.9605
Farida, I., Widodo, W., & Cahyani, N. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap karakter kewirausahaan dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i1.43521
Kurniawan, A., Yushardi, & Susilo, H. (2018). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa ekonomi menengah ke bawah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 79–87.
Lestari, A. D., & Wijaya, T. T. (2023). Pengembangan karakter kolaboratif dan kreatif siswa melalui pembelajaran sains berbasis inkuiri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(2), 112–120.
Mujahida, M. (2019). Dampak model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas peserta didik. Jurnal Pendidikan, 10(2), 65–73.
Nurfadilah, A., Nasruddin, & Syamsuddin, A. (2021). Peran media visual dalam meningkatkan partisipasi dan keberanian siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 185–195.
Oktaviani, R., & Rosana, D. (2019). Penggunaan video kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 130–138.
Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003
Puspitasari, A., & Wibowo, A. (2018). Analisis tingkat karakter kewirausahaan peserta didik SMA di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 14(2), 99–106.
Putra, D. N., Yuliati, L., & Anitah, S. (2019). Pengaruh inquiry-based learning terhadap kemampuan reflektif dan tanggung jawab siswa. Jurnal Pendidikan, 20(1), 24–32.
Sari, T. I., Cahyadi, A., & Nugraheni, R. A. (2020). Peningkatan karakter kewirausahaan melalui model inquiry-based learning. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 56–68.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 uswatun - hasanah, Rahmadhani - Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License