Konsep Pendidikan Nilai (Karakter) Menurut KH. Ahmad dahlan dan Syekh Az-zarnuji

Dzawil Fadhli, Mukh. Nursikin

Abstract


Pendidikan nilai merupakan aspek fundamental dalam sistem pendidikan Islam yang bertujuan membentuk individu yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan bermoralitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan konsep pendidikan nilai menurut KH. Ahmad Dahlan dan Syekh Az-Zarnuji serta relevansinya dalam pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi pustaka terhadap berbagai literatur yang membahas pemikiran kedua tokoh tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KH. Ahmad Dahlan menekankan pendidikan yang tetap berlandaskan iman namun tetap mengikuti perkembangan zaman, berbasis dakwah, serta menanamkan nilai-nilai sosial, sedangkan Syekh Az-Zarnuji lebih menekankan pembentukan akhlak serta moral (murid menghormati guru) dan bagaimana cara mengimplementasikannya. Pemikiran dari kedua tokoh ini tetap relevan dalam sistem pendidikan saat ini dan dapat diterapkan untuk menciptakan metode pendidikan yang tidak hanya mencetak individu cerdas secara akademik, akan tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan etika yang luhur.

Keywords


KH. Ahmad Dahlan, nilai karakter, Syekh Az-Zarnuji

Full Text:

PDF

References


(Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan, Jakarta, 2003).

Aanardianto (2021-05-02). "Melacak Jejak Semangat Purifikasi dan Pembaharuan Kiyai Dahlan". Muhammadiyah (dalam bahasa American English). Diarsipkan dari asli tanggal 2022-12-16. Diakses tanggal 2022-12-16.

Ahmad, Muhammad Abd al-Qadir. Ta’lim al-Muta’allim, Tariq al-Ta’allum. Beirut: Mahba’ah al-Sa’adah, 1986.

Almerico, G. M. (2014). Building Character Through Literacy with Children' S Literature. Higher Education Journal, 26, 1–13. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ EJ1055322.pdf

Anshoriy, HM. Nasruddin, 2010, Matahari Pembaruan Rekam Jejak KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher (Anggota Ikapi).

Jusita, M. L. (2006). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Dalam Aktivitas Belajar Menggunakan Media Pembelajaran “ Pecango". Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 2–6. http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i12016p02h2

Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21. Jakarta: Pustaka alHusna, 1989.

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rofiq, Moh, Fathul Kutub (konsep tarbiyah Az-Zarnuji), Artikel Dunia Bina Pesantren, Edisi 01/Tahun I, 2006.

Siri, Rusli, 2019, Aku Cinta Muhammadiyah, Jakarta: Cakrawala Islam.

Wahyuddin. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Pustaka Islamika.

Yunus, H. Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT Hidakarya Agung, 1990.

Zuharini, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dzawil Fadhli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License