PENGARUH MINAT PADA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI MELALUI MEDIA QUIZIZZ DAN KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Musbihin Musbihin, Saiful Marom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar minat evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi melalui media quizizz dan kahoot! terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Agung Alim Blado Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII. Sampel penelitian ini berjumlah 33 yang dipilih menggunakan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan software SPSS 25 menunjukkan bahwa data minat evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi terhadap hasil belajar diperoleh sign 0,017 < 0,05. Hal ini menandakan ada pengaruh minat pada evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi terhadap hasil belajar. Pada analisis regresi yang digunakan, diperoleh thitung 2,511 > ttabel 1,696 dengan nilai R2 sebesar 0,169. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi terhadap hasil belajar kelas VIII MTs Agung Alim Blado Tahun Ajaran 2020/2021 sebesar 16,9%.

Full Text:

PDF

References


Amrullah, Dimas. 2020. Keefektifan Aplikasi Kahoot Berbasis Web sebagai Alat Evaluasi pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMAN 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Semarang: Unnes (Skripsi).

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kusuma, Yoselia Alvi. 2020. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring (Online) Fisika pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA di SMA Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma (Skripsi).

Lauryn, Maya Selvia, M. Ibrohim, and M. Rizqi Amirullah. 2019. "Pengembangan Metode Story Telling Berbasis Game Edukasi." Jurnal ProTekInfo Vol. 6 No. 1: 21-35.

Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sun'iyah, Siti Lathifatus. 2020. "Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran." Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora 1-18.

Ubaidah, N., Dwijanto, D., & Mariani, S. (2022). Vygotsky Theory Based on Mathematics Literacy in The New Normal Era. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 4(2), 92-107.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Musbihin Musbihin, Saiful Marom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License