Konsep Pendidikan Nilai dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Menurut John Dewey dan Al-Ghazali

Muhammad Yasin Al Amin, Mukh Nursikin

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan nilai dalam perspektif filsafat pendidikan yang dikembangkan oleh dua tokoh besar, yaitu John Dewey dari aliran Progresivisme dan Al-Ghazali dari aliran Idealisme Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi pustaka (library research), dengan teknik analisis isi terhadap karya-karya primer maupun sekunder yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa John Dewey menekankan pentingnya pengalaman langsung dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran sebagai dasar penanaman nilai. Menurutnya, pendidikan nilai harus bersifat demokratis, kontekstual, dan mendorong berpikir kritis. Sementara itu, Al-Ghazali menempatkan pendidikan nilai dalam kerangka religius dan spiritual, dengan tujuan utama mendekatkan diri kepada Allah dan mencapai kebahagiaan dunia-akhirat. Al-Ghazali mengedepankan metode keteladanan, pembiasaan, dan pembinaan moral sebagai pendekatan utama. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun memiliki pendekatan berbeda, pemikiran Dewey dan Al-Ghazali dapat diintegrasikan untuk membentuk model pendidikan nilai yang komprehensif, menggabungkan dimensi rasional, sosial, dan spiritual dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam di Indonesia.

Keywords


pendidikan nilai, John Dewey, Al-Ghazali, filsafat pendidikan, karakter

Full Text:

PDF

References


Ag. Soejono. (1980). Aliran Baru dalam Pendidikan, (Bandung: CV. Ilmu)

Azahra, F. (2023). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Ghazali. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 772-785.

Dewey, J. (1955). Perihal Kemerdekaan dan Kebudayaan, terj. EM Aritonang, cet, 2.

Hasbullah. (2002). Dasar Dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada).

Mahadhir, M. S. (2019). Pendidikan Islam Menurut al-Ghazali. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 73-86.

Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. Экономика Региона, 32.

Muizzuddin, M., & Fitroini, L. (2022). IMPLEMENTASI KONSEP ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN JOHN DEWEY DALAM PENDIDIKAN NILAI PADA PENDIDIKAN ISLAM. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 6(2), 184-200.

Sahar, A. (2012). Pandangan Al-Ghazali Tentang Pendidikan Moral. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 4(2).

Saksono, Gatut Ign. (2010). Pendidikan Yang Memerdekakan Siswa (Yogyakarta: Diandra Primamitra Media).

Sutiyono. (2010). Pendidikan Seni Sebagai Basis Pendidikan Karakter Multikulturalis dalam Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. XXIX. Edisi Khusus Dies Natalis UNY, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia D.I. Yogyakarta.

Syahid, N. (2020). Pendidikan Nilai Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Nur. Qudwatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3, 89-100.

Tafsir, Ahmad. (2000). Filsafat Umum akal dan Hati Sejak Thales Sampai James (Bandung: PT Rosdakarya Bandung).

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Anak. Bogor: STAI Al Hidayah

Wasitohadi, W. (2014). Hakekat Pendidikan Dalam Perspektif John Dewey Tinjauan Teoritis. Satya Widya, 30(1), 49-61.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Yasin Al Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License