Penggunaan Media Mucoop Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas VI Melalui Model Discovery Learning
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi menjaga persatuan dan kesatuan dengan gotong royong secara keseluruhan hanya mencapai rata-rata 43,3 % sangat jauh dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Selain itu minimnya penggunaan media yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan model pembelajaran yang monoton melatarbelakangi dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas VI untuk menjabarkan penggunaan media Mucoop Box melalui model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif materi persatuan dan kesatuan dengan gotong royong serta. Metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) teori yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart . Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD 2 Medini yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian dari data dan observasi menunjukkan bahwa media Mucoop Box dengan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa berdasarkan pengukuran menggunakan tes kognitif meningkat untuk setiap siklusnya. Pada siklus 1 (61%) dan siklus 2 (83%). Melihat presentase ketuntasan siklus 2 sebesar 83% telah terpenuhi.
Keywords
Hasil Belajar; Mucoop Box; Discovery Learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Afikotun Wafiroh, Much Arsyad Fardani, Nurul Hamim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License