Dampak Bermain Game Online dan Sosial Media Terhadap Akhlak Mazmumah Siswa di SMP Islam Terpadu Subulussalam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak bermain game online dan penggunaan media sosial terhadap akhlak mazmumah siswa di SMP Islam Terpadu Subulussalam Samarinda. Dengan pertumbuhan pengguna internet yang signifikan di Indonesia, khususnya di kalangan remaja, fenomena ini menjadi penting untuk diteliti. Dampak tersebut mencakup aspek psikologis dan perilaku siswa, termasuk intensitas bermain game online, penggunaan media sosial, dan potensi dampak negatifnya terhadap pendidikan akhlak anak. Dalam menjalankan penelitian ini, digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan melibatkan siswa di SMP IT Subulussalam Samarinda yang aktif menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp, serta bermain game online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak negatif signifikan terhadap akhlak mazmumah siswa. Dampak game online termasuk waktu bermain yang berlebihan, gangguan konsentrasi belajar, tidur di sekolah, penurunan nilai, kesehatan menurun, emosi yang tidak stabil, dan kecanduan. Sementara itu, dampak media sosial mencakup sikap malas, penggunaan kata-kata kasar, unggahan konten yang tidak pantas, dan perilaku bullying.
Keywords
Game Online; Media Sosial; Akhlak Mazmumah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Asiah Asiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License