Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru-Guru di SMAN 15 Muaro Jambi

M. Hidayat, Rahma Dani, Neneng Lestari, Alrizal Alrizal

Abstract


Masih rendahnya pengetahuan dan kemampuan guru di SMAN 15 Muaro Jambi dalam hal penelitian dan menuliskannya menjadi sebuah artikel ilmiah dapat diketahui dari kurangnya jumlah artikel yang disubmit dan diterbitkkan oleh guru SMA 15 Muaro Jambi tersebut. Sebagian guru tersebut menjelaskan bahwa mereka kurang memahami bagaimana seharusnya melakukan suatu penelitian di sekolah dan permasalahan apa yang sebaikmya diteliti. Walaupun sudah melakukan penelitian kebanyakan mereka belum memahami cara mempublish penelitian tersebut serta di mana akan di publish. Sehingga permasalahan di atas akan menjadi kendala bagi guru-guru ketika akan mengusulkan kenaikan pangkat. Oleh sebab itu, guna membantu mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan pelatihan dan bimbingan mengenai penulisan artikel ilmiah untuk guru-guru di SMAN 15 Muaro Jambi. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pelatihan dan bimbingan yang dengan metode pemberian pengetahuan dan keterampilan kepada para guru peserta pelatihan dengan judul pelatihan “ Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru-Guru di SMAN 15 Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan informasi dalam hal penulisan artikel karya ilmiah di suatu jurnal bagi para guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan diskusi. Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta mengaku bahwa minat mereka terhadap menulis karya ilmiah sudah meningkat dan telah memilki ide- ide yang akan diteliti dan bersedia meluangkan waktu untuk itu, namun masih memerlukan pendampingan dalam hal penulisan artikel, penggunaan Google Schoolar dan penggunaan.

Keywords


Bimbingan; Karya Imiah; Guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 M. Hidayat, Rahma Dani, Neneng Lestari, Alrizal Alrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License