Hakikat Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Serta Implikasinya dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mendukung terwujudnya tujuan pendidikan berkualitas sebagaimana tercantum dalam Sustainable Development Goals (SDGs) poin keempat. Pendidikan Agama Islam diidentifikasi tidak hanya berfungsi sebagai sarana transfer pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi juga sebagai media utama transfer nilai-nilai moral dan spiritual (transfer of value). Dengan pendekatan kolaboratif antara guru PAI dan guru mata pelajaran lain, nilai-nilai positif seperti keimanan, kejujuran, kepedulian sosial, dan cinta lingkungan dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran lintas disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi ini berkontribusi dalam membentuk karakter peserta didik yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. Implementasi strategi ini memperkuat peran PAI sebagai garda terdepan dalam pendidikan karakter di era globalisasi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya penguatan sinergi lintas mata pelajaran dan pengembangan model pembelajaran inovatif berbasis nilai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, Nur. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum, 13/01, 25-38.
Ghani, Hafizah H. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah Dasar, Jurnal Madaniyah, 08/02, 186-198.
Hidayat, Nur. (2015). Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12/01, 61-74.
https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/12/093000071/apa-itu-pelajar-pancasila-tujuan-sekolah-penggerak-dari-nadiem-makarim?page=all diakses pada Kamis, 26 April 2025.
https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf, diakses pada Kamis, 7 April 2025.
Istianah, Anif dkk. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatra Nusantara, 19/01, 62-70.
Kemendikbud Ristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemndikbud Ristek.
Marhayati, Nelly dkk. (2020). Pendekatan Kognitif Sosial pada Pemebelajaran Pendidikan Agama Islam. Dayah: Journal of Islamic Education, 03/02, 250-270.
Pritchard, Alan. (2009). Ways of Learning: Learning Theories and Learning Styles in The Classroom. New York: Library of Congress Cataloging in Publication Data.
Qadir, Abd Muslim dkk. (2021). Analisis Kebijakan di Jepang, Finlandia, Cina, dan Indonesia dalam Mendukung Sustainable Development Goals. Adi Wijaya: Jurnal Pendidikan Dasar, 06/02, 170-186.
Rahman, Abdul. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistimologi dan Isi Materi. Jurnal Eksis (Riset), 08/01, 2001-2181.
Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories An Education Persperctive. Boston: Pearson Education, Inc., Publishing as Allyn & Bacon.
Sofa, Nidia. (2018). Peran Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Pusdiklat Bahasa Kemhan, Jurnal Epigram, 15/01, 11-16.
Suhendra, Ahmad, dkk. (2019). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila, Jurnal Bimas Islam, 12/01, 297-322.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Iksan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License