Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas X SMAN 4 Blitar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas X SMAN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa kelas X, dibagi menjadi kelas eksperimen (XA) yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan kelas kontrol (XB) dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen adalah 85,00, lebih tinggi dari kelas kontrol yang mencapai 81,94. Uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas X SMAN 4 Blitar.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Iven Ferina Kalimata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License