Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Parabuma pada Siswa Kelas VI SDN Pakis V Surabaya

Indana Zulfa, Siti Azizah, Enok Fitriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui media PARABUMA (Papan Ragam Budaya Masyarakat) siswa kelas VI SDN Pakis V Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan dan hasil belajar siswa akibat pembelajaran yang bersifat konvensional dan kurang kontekstual. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda untuk menilai hasil belajar siswa, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, hanya 34,48% siswa yang mencapai nilai di atas KKTP dengan rata-rata 64,83. Setelah penerapan media PARABUMA, terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 58,62% siswa tuntas dengan rata-rata 70,34. Peningkatan lebih tinggi terlihat pada siklus II, yaitu 86,21% siswa tuntas dan rata-rata mencapai 80,86. Selain aspek kognitif, media PARABUMA juga berkontribusi pada peningkatan aspek afektif dan sosial, seperti keaktifan, rasa percaya diri, dan kemampuan kerja sama siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa media PARABUMA efektif sebagai sarana pembelajaran berbasis budaya yang kontekstual dan bermakna dalam memperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar.


Keywords


Pendidikan Pancasila, Hasil Belajar, PARABUMA

Full Text:

PDF

References


Ashari, W. O., & Irianto, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Interaktif “Nearpod” Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.869

Averina, R. Y., & Widagda, I. G. N. J. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papin Kerdaya (Papan Pintar Keberagaman Budaya Indonesia) Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Annisaa Anggun Islamiyah Firosalia Kristin, 27(2), 1233. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/16100/7149

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Fauziah, N. S., Jaya, W. S., & Siska, Y. (2023). Pengembangan Media Kontekstual Papeda (Papan Peta Budaya) Pada Materi IPS Kelas V SDN 1 Wates Selat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(2), 184. https://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1022

Kurnia, S., Sulistyowati, A., Satianingsih, I., & Rarasaning. (2023). Pengaruh Model Pjbl Berbantuan Media Papan Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman Karakteristik Individu Kelas Ii Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 163–170. https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p163-170

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.

Ningrum, P. P., Wahyuningrum, A. K., & Lestariningrum, A. (2022). Penggunaan berbasis budaya pacerin untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. JMECE: Journal of Modern Early Childhood Education, 2(1), 34–40. https://www.ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/451/238

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.47

Roviana, R., Setyansah, R. K., & Putra, A. A. D. (2024). Penerapan Media Pembelajaran LKPD Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Maras:Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1399–1406. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras

Salsabila, A., & Achmad, S. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERCELA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN JIGSAW PADA SISWA MTs AL-IHSAN DOGLO KABUPATEN BOYOLALI. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.7

Sugiman, S., & Marom, S. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESIONALISME GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY PADA SD NEGERI 04 MURYOLOBO JEPARA. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.59698/kognisi.v1i1.9

Sholihah, M., Saddhono, K., & Anindyarini, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Dalam Dan Luar Negeri (Studi Kasus Pembelajaran Teks Biografi Di Sma Negeri 1 Surakarta Dan Sekolah Indonesia Singapura). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 184. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37713

Silalahi, M. P., & Faizal. (2022). Peningkatan Semangat Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Media Papan Pintar Pancasila Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Mansur. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar, 1(2), 59–71.

Sitepu, N. B., & Gandamana, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Display Board Berbasis Discovery Learning Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe T.A 2022/2023. Journal on Education, 6(1), 3512–3522. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3446

Suhayah, Y. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Cinta Tanah Air Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 13(1), 42–48. https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3307

Sujoko, P., Nugraheni, N., & Apriliya, D. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Norma Dalam Kehidupanku Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Papan Norma. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(12), 1226–1233. https://doi.org/10.58344/locus.v2i12.2373

Susanto, M. Z., Fiantika, F. R., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., & Buana, A. (2024). Menggali Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Matematika Melalui Media Papan Ular Tangga BerbasisSusanto, M. Z., Fiantika, F. R., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., & Buana, A. (2024). Menggali Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Matema. Ranah Research, 6(6), 2537–2544. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/1074/995

Tengah, B., Ashari, H., Fatoroni, E., & Purba, A. (2024). Pembuatan Papan Edukasi Sejarah Cagar Budaya Meriam Jepang. Abdimas Universal, 6(1), 111. https://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversal/article/view/406




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indana Zulfa Zulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License