Pengaruh Workshop Komunikasi Efektif terhadap Partisipasi dan Diskusi Mahasiswa di Kelas

Dias Khairina Sabila, Siti Natijatul Pu'at, Marwah Rusydiana, Nur Fajrina Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi efektif mahasiswa dalam partisipasi dan diskusi kelas, serta dampak workshop komunikasi efektif terhadap peningkatan keterampilan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum workshop, mahasiswa memiliki tingkat partisipasi yang cukup baik, terutama dalam keikutsertaan diskusi dan penggunaan contoh konkret dalam penjelasan. Namun, aspek menjelaskan ide dengan jelas dan menyusun argumen logis masih perlu ditingkatkan. Setelah mengikuti workshop, terjadi peningkatan signifikan dalam partisipasi diskusi dan keterampilan menjelaskan ide, meskipun kemampuan menyusun argumen yang logis dan meyakinkan masih memerlukan penguatan lebih lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya intervensi tambahan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi mahasiswa dalam diskusi akademik.

Keywords


komunikasi efektif; dskusi kelas; argumentasi logis; workshop

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dias Khairina Sabila, Siti Natijatul Pu'at, Marwah Rusydiana, Nur Fajrina Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License