PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN BUDAYA MADRASAH PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH WONOSEGORO KAB BOYOLALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala madrasah dan budaya madrasah pengaruhnya terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah kecamatan Wonosegoro. Penelitian survey digunakan untuk mengungkap persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala madrash dan budaya madrasah. Metode sampel yang akan digunakan adalah stratified random sampling. Variasi data penelitian pada variabel persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah (X1) terletak pada interval 53-64 dalam kategori sangat baik. Diperoleh mean sebesar 53.0732 dengan kriteria sangat baik 68 %, baik 32 %, dan kriteria cukup 0 %. Persepsi tentang budaya Madrasah di kecamatan Wonosegoro diketahui kriteria sangat baik 54 %, baik 46 %, dan kriteria cukup 0 %. Diperoleh mean sebesar 44.1463 yang terletak pada interval 43-52 dalam kategori sangat baik. Kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Wonosegoro diketahui dalam kriteria sangat baik 68 %, baik 32 %, dan kriteria cukup 0 %. Diperoleh mean sebesar 47.7805 yang terletak pada interval 46-56 dalam kategori sangat baik. Hasil yang didapat dari persamaan regresinya adalah Y = 54,240 + 0,272 X1 + 0,102 X2. Hasil analisis regresi menunjukkan harga koefisien determinasi (r2) sebesar 0,043. Nilai tersebut berarti bahwa 4,3 % perubahan pada variabel kinerja guru (Y) dapat ditentukan oleh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan Budaya Madrasah (X2), sedangkan 95,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji signifikansi hipotesis ketiga menunjukkan nilai Fhitung sebesar 0,853. Nilai tersebut lebih kecil dari nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,340. Hal ini berarti terdapat tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala madrasah dan Budaya Madrasah terhadap kinerja guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Darma, Surya. Bukti Fisik Penggalian Data Kinerja Kepala Madrasah. Direktorat Tenaga Kependidikan dan Direktorak Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional 2007.
Donnely. Organtitaions; Behavior, Structure and Process. Boston: McGraw-Hill Companies Inc. 2000.
Ghodang, Hironymus. The Factors Analysis Influence the Profesional Teachers Competence in the State Senior High Schools in Medan City. International Journal of Education and Research. Vol. 3 No. 11. 2015.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta. Andi Offset. 2002.
Hidayat, Ara dan Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan. Konsep. Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Madrasah dan Madrasah. Yogyakarta. Kaukaba. 2012.
Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta. Pustaka al Husna. 2007.
Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.
Nasrulloh, M. F., Hanik, S., & Satiti, W. S. (2020). E-Comic Learning Media Based Problem Based Learning In Subject of Linear Equation System. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 2(1), 34-40.
Mulyasa, E.. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta. Bumi Aksara. 2013.
Priatna, Nanang dan Tito Sukamto. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.
Rautiola, James D. Effects of Leadership Styles and Student Academic Achievement. School Leadership and Academic Achievement. 2009.
Sjahruddin. Pengaruh pemberian kompensasi dan kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru pada SMP cendana Pekanbaru. Riau. Jurnal. 2009.
Smith, C. S. & Piele P. K. School leadership. Handbook for Excellence in Student Learning. California: Corwin Press. 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2010.
Sumarno. Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru Madrasah dasar negeri di kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes. Tesis. Semaran. 2009.
Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada. cet. 2. 2014.
Syahril, Bambang. Pengaruh antara gaya kepemimpinan sikap guru dan disiplin guru terhadap kinerja guru SMA N kota Manna Bengkulu Selatan. Tesis. Bengkulu. 2013.
Syukur, Fatah. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. Semarang: Pustaka Rizki Putra. 2012.
Trianto. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2010.
Triwahyuni, Lulus. The Effect of Organizational Culture, Transformational Leadership and Self-Confidence to Teachers Performance. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), Vol. 2. No. 10. 2014.
Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.
Wirawan. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Rajawali Pres. 2013.
Zuchdi, Darmiyati. Pendidikan Karakter Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta. UNY Press. 2011.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i2.44
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Slamet Mulyadi, Muh. Saerozi, Erna Risfaula Kusumawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License