Evaluasi Program Briefing Pagi di SDIT Al Mujahidul Amin Kota Palangka Raya

Abdul Azis, Triwid Syafarotun Najah, Sapuadi Sapuadi

Abstract


Pendidikan merupakan proses yang terjadi secara sadar melalui upaya keluarga, masyarakat, dan pemerintah, dengan tujuan mempersiapkan peserta didik untuk berperan secara efektif dalam berbagai aspek kehidupan di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui program-program yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memulai program Pengarahan pagi di SDIT Al Mujahidul Amin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan evaluasi model CIPP ( Context , Input , Process , dan Product ). Penelitian ini juga menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data, yang dibagikan kepada 14 responden di SDIT Al Mujahidul Amin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Evaluasi aspek Konteks mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata 53. Evaluasi aspek Input mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata 46, namun masih perlu diperbaiki dalam hal pendanaan program. Aspek evaluasi Proses mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata 51. Aspek evaluasi Produk mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dengan nilai rata-rata 54. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan rekomendasi bagi pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas pengarahan program pagi dan mempertahankan keberhasilan program tersebut. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi penelitian lain yang terkait dengan evaluasi program pendidikan.


Keywords


Evaluasi Program; Briefing Pagi; CIPP(Context, Input, Process, dan Product).

Full Text:

PDF

References


Arikunto.l (2013).l Prosedurl Penelitianl Suatul Pendekatanl Praktik.l Rinekal Cipta.

Bernadeta.l (2014).l Simplel Morningl Briefing.l Scrittol Booksl Publisher.

Daniell L.l Stufflebeaml danl Guilil Zhang.l (2017).l Thel CIPPl Evaluationl Modell .l Thel Guilfordl Press.

Depdiknas.l (2003).l Undang-undangl Republikl Indonesial Nomorl 20l Tahunl 2003l Tentangl SISDIKNASUndang-undangl Republikl Indonesial Nomorl 20l Tahunl 2003l Tentangl SISDIKNASl (p.l 2).

Devil Nurl Utami.l (2022).l Penguatanl Kapasitasl Kinerjal Gurul dil SDl Muhammadiyahl 3l Tegal.l La-Tahzan:l Jurnall Pendidikanl Islam,l 14(2),l 255–273.l https://doi.org/10.62490/latahzan.v14i2.336

Elisseou,l S.,l &l Holt,l S.l R.l (2022).l Effectivel Strategiesl forl Planningl andl Facilitatingl Morningl Report.l Journall ofl Graduatel Medicall Education,l 14(3),l 260–264.l https://doi.org/10.4300/JGME-D-21-01084.1

Freddyl Liong.l (2014).l l Morningl Briefingl @work.l Gramedial Pustakal Utama.

Hanafiah,l H.,l Sauri,l R.l S.,l Nurhayatil Rahayu,l Y.,l &l Arifudin,l O.l (2022).l Upayal Meningkatkanl Kompetensil Profesionall Gurul melaluil Supervisil Klinisl Kepalal Sekolah.l JIIPl -l Jurnall Ilmiahl Ilmul Pendidikan,l 5(10),l 4524–4529.l https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049

Khairunnisa,l M.M.,l M.l K.l (2023).l Bukul Ajarl Metodel Penelitian.l CVl Sciencel Technol Directl Peruml KORPRI.

Mahendra,l M.l (2018).l Peranl Kepemimpinanl Kepalal Sekolahl dalaml Meningkatkanl Kualitasl Pendidikanl dil Sekolahl Dasar.l Edudikara:l Jurnall Pendidikanl Danl Pembelajaran,l 3(1),l 78–86.l https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.82

Miswanto.l (2016).l Evaluasil Pelaksanaanl Pendidikanl Pesantrenl Minil dil Madrasahl Aliyahl Patral Mandiril Plajul Palembang.l 2–2.

Muslimah.l (2020).l Caral Mudahl Membuatl Proposaall penelitianl (Normuslim).l CVl Narasil Nara.

Navy,l A.,l &l Fahmi,l A.l (2023).l Strategil Implementasil Administratorl Dalaml Schooll Budgetingl MANAGEMENT.l Jurnall Visionary :l Penelitianl Danl Pengembanganl Dibidangl Administrasil Pendidikan,l 11(1),l 78.l https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7455

Parry,l S.l A.,l &l Wani,l U.l I.l (2022).l Morningl Assemblyl Asl anl Importantl Partl ofl Curriculum.l Scholarlyl Researchl Journall forl Interdisciplinaryl Studies,l 10(71).l https://doi.org/10.21922/srjis.v9i71.10208

Rusman.l (2015).l Statistikal Penelitian;l Aplikasinyal denganl SPSS.l Grahal Ilmu.

Sugiyono,l S.l (2019).l Metodologil l l Penelitianl Kualitatifl Kuantitatifl Danl R&D.l Cv.l Alfabeta.

Suharsimil Arikunto,l C.l S.l danl A.l J.l (2011).l l Evaluasil Programl Pendidikanl .l Bumil Aksara.

Zuhairini.l (1992).l Filsafatl Pendidikanl Islaml .l Bumil Aksara.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Abdul Azis, Triwid Syafarotun Najah, Sapuadi .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License