Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Praktikum Bahasa Inggris

Mc. Fulvia Hy, Rio Eka Nugraha, Hadori Rosadi, Muhammad Fadli, Ulul Azmi Muhammad

Abstract


Model pembelajaran problem based learning merupakan suatu model pembelajaran yang titik awal pembelajarannya didasarkan atas masalah dalam kehidupan nyata, lalu dari masalah ini mahasiswa dirangsang untuk mempelajari masalah berdasarkan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya sehingga akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar praktikum bahasa inggris mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Sarjana Terapan Program Studi Pengelolaan Perhotelan Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I yang berjumlah 80 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Sebagai alat pengumpulan data digunakan tes hasil belajar praktikum bahasa inggris mahasiswa berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan uji t. Dari hasil perhitungan ini diperoleh thitung > ttabel. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil praktikum bahasa inggris mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan hasil praktikum bahasa inggris mahasiswa yang menggunakan model konvensional.

Keywords


Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar; Praktikum Bahasa Inggris

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mc. Fulvia Hy, Rio Eka Nugraha, Hadori Rosadi, Muhammad Fadli, Ulul Azmi Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License