Kontribusi Pendidikan Agama Kristen Humanis dalam Pembangunan Iman Jemaat di Jemaat Pola Tribuana Klasis Alor Barat Laut Gereja Masehi Injili di Timor

Harun Y. Natonis, Anita A. Hege Udju

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauhmana Kontribusi Pendidikan Agama Kristen yang Bersifat Humanis Memengaruhi Perkembangan Iman di Jemaat Pola Tribuana Klasis Alor Barat Laut Gereja Masehi Injili Di Timor”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi secara mendasar memaparkan karakteristiknya melalui pendekatan eksploratif terhadap suatu permasalahan yang bertujuan mengembangkan pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti. Penelitian ini akan mengeksplorasi secara mendalam dan luas tentang fenomena Pendidikan Agama Kristen yang humanis dan kontribusinya bagi pembangunan iman di Jemaat Pola Tribuana Klasis Alor Barat Laut Gereja Masehi Injili Di Timor. Hasil penelitian yang diperoleh  menunjukkan pendidikan agama Kristen humanis telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan iman jemaat, yaitu: 1). Meningkatkan pemahaman jemaat tentang nilai-nilai kemanusiaan dalam ajaran Kristen; 2). Membantu jemaat untuk menerapkan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari; 3). Memperkuat rasa solidaritas dan kepedulian jemaat terhadap sesama; 4). Meningkatkan motivasi jemaat untuk terlibat dalam kegiatan gereja dan masyarakat; dan 5). Membantu jemaat untuk menghadapi berbagai tantangan dan masalah dalam hidup dengan iman yang teguh.

Keywords


Pendidikan Agama Kristen Humanis; Pembangunan Iman; Jemaat,;Gereja Masehi Injili di Timor

Full Text:

PDF

References


Dittrich, P. H. A. (2011). The Situation of Christians in North East Asia and South East Asia. In Kas International Reports.

End, T. van den. (2019). Ragi Carita-Sejarah Gereja Di Indonesia 1 Th. 1500-Th 1860 an. BPK Gunung Mulia.

Eugene Zen, Y. P. H. (2021). Membangun Iman Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Ditinjau Dari Persfektif Alkitab dan Perkembangan Anak. Davar: Jurnal Teologi, 2(1).

Eunike Clarisa Nababan, Irmawaty Nengsih Togatorop, Angelica Petrina Sianturi, Emya Natalia Ginting, & D. N. (2022). Anak Muda Kristen Peduli Lingkungan Hidup. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 1(7), 78–91.

Farida, M. C., & Christy, A. (2023). PENTINGNYA LANDASAN KELUARGA KRISTEN BERDASARKAN PERJANJIAN BARU DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL REMAJA KRISTEN. Inculco Journal of Christian Education, 3(3), 285–300.

Groome, T. H. (1980). Christian Religious Education: Sharing Our Story and Vision. In Harper & Row.

Haryani, E. (2019). INTOLERANSI DAN RESISTENSI MASYARAKAT TERHADAP KEMAJEMUKAN: STUDI KASUS KERUKUNAN BERAGAMA DI KOTA BOGOR, JAWA BARAT. Jurnal Multikultural & Multireligius, 18(2).

John W. Creswell. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research-Fourth Edition. In Pearson Education, Inc.

Kristianus Bayu Pranata, & Nehemia Nome. (2023). Pendidikan Agama Kristen Sebagai Agen Restorasi Pendidikan Dalam Mewujudkan Kehidupan Beragama Yang Harmonis Di Sekolah–Sekolah. Jurnal Filsafat Dan Teologi Katolik, 6(2), 37–63. https://doi.org/10.58919/juftek.v6i2.67

Lebang-Hutabarat, H. (2010). Sebuah Asia yang Sedang Berubah Cepat: Suatu Tantangan bagi Pembinaan Warga Gereja. In Ajarlah Mereka Melakukan: Kumpulan Karangan Seputar PAK, Penyunting. BPK Gunung Mulia.

Marija, P., Kawangung, Y., Kause, M. (2019). Pendekatan Humanis-Relegius pada Pendidikan Kristen sebagai Pembentukan Karakter Generasi Milenial. JURNAL TERUNA BHAKTI, 2(1), 49.

Meissiandani Ardilla, Chisca Triani, Inggrit Lydia Wahyuni, Elin Tangke Pare, P. T. (n.d.). PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(4).

Nimrot Doke Para, Ezra Tari, W. F. R. (2020). Peran Gereja dalam Transformasi Pelayanan Diakonia. Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia, 1(2)., 1(2).

Noyce, G. (2007). Tanggung Jawab Etis Pelayanan Jemaat-Etika Pastoral. BPK Gunung Mulia.

Prawono, Y. Kamea, J. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Toleransi Beragama Di Kalangan Peserta Didik. TEVUNAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 49–62.

RI, K. A. (2019). Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Rondo, P. E., & Mokalu, V. R. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KRISTIANI KEPALA SEKOLAH, KUALITAS KEROHANIAN GURU, DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMK KRISTEN KAWANGKOAN. VOX. EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2).

Roxborogh, J. (1995). Contextualisation and Re-contextualisation: Regional Patterns in the History of Southeast Asian Christianity. Asia Journal of Theology, 9(1).

Sabara. (2022). MODERASI BERAGAMA: BASIS MEMBANGUN REKOGNISI DANPEMBERDAYAAN KELOMPOK DIFABEL. JMIMIKRI: UrnalAgamadanKebudayaan, 8(2).

Sanjaya, A. (2018). PASTORAL KONSELING KEPADA REMAJA KRISTEN INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERGAULAN BEBAS. Missio Ecclesiae, 7(1), 141–163.

Santoso, J., Damarwanti, S., Priana, I. M., Sembodo, T. B., & PA, A. T. (2021). Transformasi Fondasi Iman Kristen dalam Pelayanan Pastoral di Era Society 5.0. Jurnal Teologi Berita Hidup, 4(1), 19–35.

Selviana Putri Naibaho, Nino Sampe Tindih Sitohang, H. S. (2023). Analisis Memberi Makan Banyak Orang Dan Implementasinya Pada Masa Kini (2 Raja-Raja 4:42-44). Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Katolik, 1(4).

Sianipar, G. (2023). Implementasi Mengembangkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. REI MAI: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 75–89.

Sopakua, S., Hasugian, J. W. (2022). Pedagogi filoeirene: Ajakan untuk mencintai perdamaian dalam kemajemukan. KURIOS, 8(1), 105.

Waruwu, E. W. W. E. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih. Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2).

Wenselinus Nong Kardinus, Sa’dun Akbar, R. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 6(1).

Wulandari, R. (2016). Metode Kunjungan Lapangan untuk Menanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 67–80.

Yewangoe, A. A. (2009). Agama dan Kerukunan. BPK Gunung Mulia.

Yewangoe, A. A. (2015). Tidak Ada Penumpang Gelap: Warga Gereja, Warga Bangsa. BPK Gunung Mulia.

Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2).

Zega, H. N. dan A. J. (2023). Tekun Dalam Pengharapan Makna (Ibrani 10:23). Student Research Journal, 1(5).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 anitahegeudju hege udju

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License