Paradigma Pendidikan Inklusi dalam Perspektif Pendidikan Islam: Dinamika pada Sekolah Islam
Abstract
Artikel ini membahas paradigma pendidikan inklusi dalam konteks pendidikan Islam, dengan penekanan pada dinamika yang berlangsung di sekolah-sekolah Islam. Pendidikan inklusi merupakan pendekatan yang bertujuan untuk memberikan peluang yang setara bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Dalam kerangka pendidikan Islam, inklusi bukan hanya dianggap sebagai kewajiban sosial, melainkan juga sebagai manifestasi dari prinsip keadilan dan kesetaraan yang tercermin dalam ajaran Islam. Pendekatan yang dapat digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini memungkinkan peneliti untuk menggambarkan secara rinci bagaimana pendidikan inklusif diterapkan di sekolah-sekolah Islam.Implementasi pendidikan inklusi di sekolah-sekolah Islam sering menghadapi berbagai hambatan, seperti kurangnya pemahaman mengenai kebutuhan anak berkebutuhan khusus di kalangan guru dan tenaga pendidikan lainnya. Banyak pendidik yang merasa tidak siap untuk mengajar siswa dengan gangguan belajar, yang menghambat mereka dalam mengikuti proses pembelajaran secara optimal. Penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang baik dapat membantu siswa dengan kebutuhan khusus merasa diterima dan dihargai di lingkungan sekolah. Pendekatan pendidikan inklusif juga sejalan dengan prinsip-prinsip Islam yang mengedepankan kasih sayang dan perhatian terhadap sesama. Penerapan pendidikan inklusi di sekolah-sekolah Islam juga membutuhkan dukungan kebijakan yang jelas dan terarah. Penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan inklusi yang baik dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Namun, tantangan tetap ada dalam hal penerapan kebijakan tersebut, terutama terkait dengan penyediaan sumber daya dan fasilitas yang memadai.
Keywords
Paradigma Pendidikan Inklusi; Perspektif Pendidikan Islam; Sekolah Islam
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Qomala Khayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License