Kolaborasi Antar Generasi Guru PAI dalam Meningkatkan Kepuasan Belajar Siswa di SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, L., Hanifah, S. R., & Fitroh, F. (2023). Penerapan Balance Scorecard pada Perguruan Tinggi di Indonesia: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 9(1), 54-68.
Anifah, A., & FoEh, J. E. (2022). Faktor Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Kerja. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(3), 253-266.
Asrulla, A., Indriyani, T., & Jeka, F. (2024). Tantangan manajemen sumber daya manusia dalam pendidikan di era Society 5.0. Jurnal Genta Mulia, 15(1), 161-178.
Badrus, M. (2018). Pengaruh motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(2), 143-152.
Fikri, M. A. (2024). Pendidikan Islam dan Pembentukan Identitas Muslim di Era Globalisasi. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 149-156.
Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(1), 33-41.
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758-2771.
Mahfud, M. (2023). Kebijakan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Dalam Konteks Perubahan Sosial: Literature Review. Idealita: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 1-25.
Mahmuda, M., Syahputri, L., Puspita, A., & Wiguna, S. (2024). Optimalisasi Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Aspirasi: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 2(6), 189-200.
Maisura, M., Ulandary, Y., Murnaka, N. P., Azhari, D. S., Erliana, L., & Ahyani, E. (2023). Strategi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di era digital. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2733-2747.
Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik.
Natadireja, U., & Nurachadijat, K. (2023). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 253-267.
Nudin, B. (2016). Penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam pada pendidikan anak usia dini melalui metode montessori di safa islamic preschool. Millah: Jurnal Studi Agama, 41-62.
Nur, N., & Rifa'i, A. A. (2021). Bolehkah Guru Pendidikan Agama Islam Mengimbau Siswinya untuk Berjilbab?. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 202-213.
Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129-136.
Saputra, D. (2021). Urgensi Tafaqquh Fiddin Dalam Meningkatkan Kemampuan Cognitif Santri Milenial. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(1), 46-68.
Sitorus, A., & Harahap, H. A. (2019). Gerakan inovasi mendidik berkarakter. Swalova Publishing.
Sobihah, Z. (2020). Pendidikan Karakter (Akhlak) Menurut Perspektif Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 78-90.
Sukardi, H. M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Syahid, A. Molding Students for Multiple Competencies Purpose: An Overview of the Capacity of Islamic School Who Implementing Boarding and Full Day School System in Contemporary Indonesia.
Unaisiyah, U. (2018). Korelasi Kualitas Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di MI Kecamatan Prambon Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(2), 215-228.
Wakhudin, W., Barir, B., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Sartika, D., & Muarif, S. (2024). Model Pembelajaran Investigasion Based Scientific Collaborative (IBSC) untuk Melatih Ketrampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 496-503.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.
Zaka, A. Q., & Mustofa, T. A. (2023). Inovasi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(3), 686-698.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Oktio Frenki Biantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License