Bimbingan Teman Sebaya dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP

Arsya Anggrini Huan, Ezra Tari, Gusti Yohanis Sette

Abstract


Prokrastinasi akademik adalah jenis penundaan yang terjadi pada tugas formal yang berkaitan dengan akademik. Prokrastinasi akademik menunjukan perilaku yang tidak efisien dalam memanfaatkan waktu. Layanan yang digunakan untuk mengentaskan masalah tersebut adalah bimbingan teman sebaya dengan pendekatan konseling realitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh dari program pembimbingan terhadap peningkatan motivasi belajar serta perubahan sikap siswa terhadap tugas-tugas sekolah yang mereka hadapi. Metode yang digunakan peneliti adalah kuantitatif eksperimen dengan model one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 orang siswa kelas IX-I di SMP Negeri 13 Kupang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat penurunan perilaku prokrastinasi akademik setelah melaksanakan layanan bimbingan teman sebaya dengan pendekatan konseling realitas. Perhitungan rata-rata skor sebelum mengikuti layanan adalah 71,25 dan setelah mengikuti layanan mengalami penurunan menjadi 48,75. Maka hasil penelitian ini membuktikan adanya penurunan prokrastinasi akademik atau dengan kata lain layanan bimbingan teman sebaya dengan pendekatan konseling realitas efektif dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa.


Keywords


Akademik, Bimbingan, Prokrastinasi, Teman Sebaya, Pendekatan Relitas

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. A., Zuleyka, A., Hanum, N. C., Sari, Y. N., & Bhakti, C. P. (2022). Konseling Sebaya Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Bagi Siswa Introverted. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 24. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7091

Arifin, A. (2018). Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Antara Cita-Cita dan Realitas). Jurnal Ketatanegaraan, 7, 1–5.

Aryani, W. D., Salsabila, I., Suparmika, Y., Syammach, H. K., & Azizah, N. (2022). Ragam Pendekatan Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(4). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i4.234

Asyari, N. F., & Maharani, C. A. (2019). Penggunaan Konseling Sebaya untuk Mengurangi Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik The Use of Peer Counseling t o Reduce The Students ’ Academic Procrastination Behavior Tendency.

Carey, B. K., Neal, J. D., & Collins, E. S. (2004). A psychometric analysis of the self-regulation questionnaire. Addictive Behaviour, 29(2), 253–260.

Intarti, E. (2020). Peran Strategis Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Religius Remaja: Perspektif Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 342–351. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295

Jamila. (2020). Konsep Prokratinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal EduTech, 6(2), 257–261.

Laia, D. (2022). Prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri di kabupaten nias selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 162–168.

Liqoiyah, I., Santoso, H., & Sumiyem. (2022). Modul Konseling Sebaya (A. Wahdi (ed.)). CV. Dewa Publishing.

Nuraedah. (2022). Sosiologi Pendidikan (Dari Masyarakat Hingga Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan). Nas Media Pustaka.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Deepublish.

Pratama, D., & Sari, Y. P. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja. Jurnal Edukasimu, 1(3), 1–9.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.

Solichah, N. (2020). Konseling Pendekatan Terapi Realitas untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 8–15. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.346

Supriyatno, Y. (2023). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa ( Sebuah Studi Kasus pada Siswa di MTs Al-Bukhori Brebes ) Academic Prosthetic Behavior Of A Student ( A Case Study On Students At MTS Al-Bukhori Brebes ). PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4).

Thamrin, & Hutasuhut, S. (2023). Strategi & Kiat Mengembangkan Perangkat Pembelajaran. CV. Sarnu Untung.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18–27.

Wati, W., & Zafri, Z. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Prokastinasi Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Jurnal Kronologi, 3(4), 476–486. https://doi.org/10.24036/jk.v3i4.265

Widyawati, A. (2017). Pengaruh Bimbingan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran UN PGRI Kediri, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arsya Anggrini Huan, Ezra Tari, Gusti Yohanis Sette

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License