Penerapan Metode Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 8 Tahun (Studi Kasus di Lembaga Bimbingan Belajar Generasi Hebat)
Abstract
Anak yang memperoleh dampak postif menggunakan metode komunikatif akan mengalami perkembangan dalam bahasa, baik dari segi komunikasi, pemerolehan kosa kata, penulisan kata, pemahaman makna dan lain sebagainnya. Namun, terdapat anak yang tidak dapat memahami pembelajaran bahasa menggunakan metode komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis penggunaan metode komunikatif pada anak usia 8 tahun yang memperoleh perbedaan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan triangulasi data (wawancara, observasi dan dokumentasi). Penelitian ini menunjukan bahwa selama proses pengajaran berlangsung menggukana metode komunikatif tidak semua anak menangkap pembelajaran dengan persepsi yang sama. RA memperoleh peningkatan hasil belajar menggunakan metode komunikatif karena ketekunannya dalam belajar, sedangkan AR memperoleh penurunan hasil belajar karena kebiasaannya yang tidak mau mengulang materi pembelajaran di rumah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, W. N., Wahyuni, S., & Majidah, K. (2020). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta. Jurnal Raudhah, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.589
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Paudia, 9(2), 119–129. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6702
Bait, R. N., & Kasih, C. I. (2024). Implementasi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Wawasan Sarjana, 3(1), 37–53.
Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penerbit P4I.
Eliyantika, E., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1315–1326. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.749
Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan media flash card terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.566
Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Edu Publisher.
Libiawati, D., Indihadi, D., & Nugraha, A. (2020). Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Menulis Teks Eksplanasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 77–82. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25231
Magdalena, I., Putri, R. H., Ismawati, S., & Khofifaturrahmah, M. (2020). Mengidentifikasi Karakter Awal Peserta Didik. Nusantara, 2(2), 219–226.
Mulyani, S., & Sholeh, A. (2023). Paradigma Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kontrastif Metode Pembelajaran Konvensional dan Kontemporer). Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 2(1), 63–75. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.71
Muna, K., & Suparni, S. (2024). Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika di Bimbingan Belajar. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.12928/jimp.v4i1.7140
Pradita, L. E., & Jayanti, R. (2021). Berbahasa produktif melalui keterampilan berbicara: teori dan aplikasi. Penerbit Nem.
Rahmadon, R., & Oktarina, M. (2024). Kurikulum Bahasa Arab: Pendekatan Berbasis Kompetensi dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15543–15550. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36777
Rifa’i, A. (2021). Kajian Filosofi Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 60–74. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.1
Sari, N. I., & Randi, R. (2024). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 153–161.
Sari, P. P., Rahman, T., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal paud agapedia, 4(1), 157–170.
Wahyuni, F., & Herlinda, H. (2021). Paradigma pembelajaran efektif bahasa dan sastra Indonesia. Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 40–51.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Umi Karomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License