Pengembangan Strategi Pembelajaran Menggunakan Metode Audio-Lingual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Kosa Kata Bahasa Indonesia

Nur Indah Maulida, Mashlihatul Umami

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas peningkatan kemampuan siswa dalam memahami kosa kata bahasa indonesia melalui metode audio-lingual pada siswa kelas 1 di SD Islam Istiqomah Ungaran. Metode audio-lingual metode yang didasari pada pendekatan struktural dalam pembelajaran bahasa. Kemampuan menyusun teks secara lisan dapat diukur dengan keterampilan dalam mengungkapkan maksud, gagasan, dan pemikirannya dalam bahasa arab secara sederhana maupun sitematis. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) melalui pendekatan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and, Evaluation). Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Study). Peneliti menggunakan sampel berjumlah 35 siswa dari kelas 1 C. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 10 pertanyaan yang ditujukan pada lembar kuisioner kepuasan siswa, diperoleh hasil yang sangat baik dengan rata-rata 4,8 dan dapat diartikan siswa sangat puas terhadap pengembangan metode pembelajaran menggunakan audio-lingual. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam memahami bahasa arab menggunakan metode audiolingual pada siswa/siswi kelas 1 SD Islam Istiqomah Ungaran. 


Keywords


metode audio-lingual; kemampuan bahasa indonesia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Indah Maulida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License