Self Care dan Kesehatan Mental Guru

Faisal Fahrudin

Abstract


Menjadi guru adalah tanggung jawab besar yang melibatkan pengajaran dan pembentukan karakter siswa. Tanggung jawab ini sering menyebabkan stres, sehingga penting bagi guru untuk mengelola stres dengan baik, salah satunya melalui self-care untuk menjaga kesejahteraan mental mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep self-care dan kesehatan mental, serta memberikan strategi untuk menjaga kesehatan mental guru dan manfaat self-care bagi kesejahteraan mental mereka, sehingga dapat meraih kesehatan mental yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini meliputi buku dan jurnal yang berkaitan dengan self-care dan kesehatan mental guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, sementara analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.


Full Text:

PDF

References


Adriyansyah, M., & Rahayu, D. (2018). The Influence of Hug Therapy on Children’s Emotional Intelligence Improvement. 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 234–237.

Bloomquist, K. R., Wood, L., Friedmeyer-Trainor, K., & Kim, H. W. (2015). Self-care and Professional Quality of Life: Predictive Factors among MSW Practitioner. Advances in Social Work, 16(12), 292-311.

Dorociak, dkk. (2017). Development of the Professional Self-Care Scale. Journal of Counseling Psychology, 64(3), 325-334.

Faiza, L. R., Mumayizah, M., & Fitri, N. A. Pentingnya. (2024). Self-Care dalam Profesionalisme Guru: Strategi Manajemen Stress untuk Menghadapi Perubahan Kurikulum. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).

Febia, A. A., Subagja, R., & Habibi, M. I. (2023). Layanan Self Care untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Guru BK. KOPENDIK: Jurnal Ilmiah KOPENDIK (Konseling Pendidikan), 1 (1), 92-100.

Issom, F. L. (2022). The Effect Of Teacher Stress On Teacher Well-Being In Teachers Who Teach On Inclusive Elementary School. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 11(02), 76-83.

Leisya, Dina (2021, November 10) e-book Mental Health. Tersedia dari PubHTML5.

Nasroh, L. A. N. L. A. (2024). Menjaga Mental Guru Agar Tetap Waras di Tengah Gempuran Tugas: profesi guru, kesehatan mental, beban guru. Ta'dib. Jurnal Pembaharuan Pendidikan, 8(1).

Nurhidin, E., & Habibah, M. Transforming Islamic Religious Education Learning through Differentiated Learning in the Merdeka Curriculum. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 2, 77-90.

Posluns, K., & Gall, T. L. (2020). Dear Mental Health Practitioners, Take Care of Yourselves: A literature Review on Self-care. International Journal for the Advancement of Counselling, Barlow, Constance A., & Phelan, A. M. (2007). Peer Collaboration: A Model to Support Counsellor Self-Care. Canadian Journal of Counselling.

Purwaningrum, R. (2020). Kesejahteraan Psikologis Guru Bimbingan dan Konseling: Implikasi Self Care dalam Peningkatan Profesionalisme. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang “Arah Kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Indonesia di Era Merdeka Belajar, 99- 104.

Rahmayanty, D., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2021). Mengenal pentingnya perawatan diri (self care) bagi konselor dalam menghadapi stres. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 125-131.

Suparman. (2018). Identifikasi Gejala Stres pada Guru Tingkat Sekolah Dasar di Sekolah Lentera Harapan Tangerang. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 8(1), 7- 12.

Wahyuni, E. & Desinta, R. (2021). Gambaran Self-Care Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Se-DKI Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 67- 78.

Wardhani, R. D. K. (2017, May). Peran kesehatan mental bagi guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Werenfridus, Hartoyo, A., Basith, A. (2023) Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8 (2), 41- 51.

Yuwono, Susatyo (2010, Juli) Mengelola Stres dalam Perspektif Islam dan Psikologi.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 faisal fahrudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License