Pengembangan Soal Asesmen Matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan Konteks Islam Indonesia di SMP Sunan Averroes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal asesmen tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Konteks yang digunakan dalam pengembangan soal asesmen ini adalah konteks Islam Indonesia. Islam Indonesia yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kehidupan santri di Indonesia yang juga merupakan siswa di sekolah umum. Soal asesmen yang dikembangkan akan dijadikan soal evaluasi guru pada bab Pola Bilangan. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan kesesuaian soal asesmen yang dikembangkan dengan konsep matematika, tipe HOTS, dan konteks Islam Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga ingin melihat respon siswa terhadap soal asesmen yang dikembangkan. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4D (Define, Design, Development, & Disseminate). Terdapa dua ahli yang menjadi validator sekaligus penilai dari soal asesmen yang dikembangkan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Sunan Averroes. Soal asesmen berhasil dikembangkan menggunakan model 4D. Keseuaian soal asesmen dengan konsep matematika adalah sangat sesuai. Keseuaian soal asesmen dengan konsep soal HOTS adalah sesuai. Keseuaian soal asesmen dengan konteks Islam Indonesia adalah sesuai. Dengan demikian soal asesmen layak digunakan dalam pembelajaran. Respon siswa terhadap soal asesmen diantaranya siswa menganggap bahwa soal yang diberikan tidak jauh dari kehidupan mereka baik di lingkungan pondok pesantren maupun di lingkunga rumah tinggal mereka. Siswa juga mampu mengidentifikasi soal yang mudah, yang disenangi, dan soal yang rumit.
Keywords
asesmen matematika; hots; islam indonesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v4i6.415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Istiqlal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License