Evaluasi Penyerapan Kompetensi Siswa SMK Swasta Pembda Nias pada Mata Pelajaran Produktif Menggunakan Metode Penilaian Otentik

Desman Telaumbanua, Yulianus Zega, Sabar Jaya Zalukhu, Wakhinuddin Simatupang, Yuli ana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyerapan kompetensi siswa di SMK Swasta Pembda Nias pada mata pelajaran produktif menggunakan metode penilaian otentik. Penilaian otentik diterapkan untuk mengukur sejauh mana siswa menguasai kompetensi yang relevan dengan kebutuhan industri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penilaian otentik membantu siswa dalam memahami aplikasi praktis dari teori yang diajarkan, namun terdapat beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan sarana dan prasarana. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perlunya peningkatan kapasitas guru dalam merancang penilaian otentik yang lebih efektif serta pemenuhan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar praktik.

Keywords


Evaluasi; Kompetensi; SMK Swasta Pembda Nias; Penilaian Otentik; Mata Pelajaran Produktif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Deißinger, T., & Hellwig, S. (2011). Structures and functions of competency-based education and training (CBET): A comparative perspective. Frankfurt am Main: Peter Lang.

Grollmann, P., & Rauner, F. (2007). International perspectives on teachers and lecturers in technical and vocational education. Springer Science & Business Media.

Gulikers, J. T. M., Bastiaens, T. J., & Kirschner, P. A. (2004). A five-dimensional framework for authentic assessment. Educational Technology Research and Development, 52(3), 67–86. https://doi.org/10.1007/BF02504676

Harris, A., & Jones, M. (2017). Leading schools as learning organizations: Collaborative leadership for organizational improvement. International Journal of Leadership in Education, 20(5), 607–613. https://doi.org/10.1080/13603124.2016.1185165

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Beverly Hills, CA: Sage.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Rubin, H. J., & Rubin, I. S. (2012). Qualitative interviewing: The art of hearing data (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Widarto, W. (2019). Strategi penguatan SMK berbasis industri untuk peningkatan kualitas lulusan. Jurnal Vokasi Indonesia, 7(1), 45–53. https://doi.org/10.12345/jvi.7.1.45-53




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desman Telaumbanua, Yulianus Zega, Sabar Jaya Zalukhu, Wakhinuddin Simatupang, Yuli ana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License