Optimalisasi Penilaian Non-Tes Berbasis Metode 5S untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Siswa SMK

Resman Hendi Nofanolo Harefa, Exaudi Ziliwu, Firwanus Zega, Wakhinuddin Simatupang, Yuliana Yuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen non-tes berbasis metode 5S untuk meningkatkan penilaian diagnostik siswa SMK. Pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen quasi digunakan untuk mengukur pengaruh penerapan metode 5S terhadap kompetensi kerja siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMKS Pembda Nias sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi dan portofolio, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode 5S secara signifikan meningkatkan efisiensi dan kualitas penilaian non-tes. Skor rata-rata kinerja siswa meningkat dari 70,2 menjadi 85,4 setelah penerapan metode ini. Selain itu, peningkatan terlihat pada aspek kedisiplinan (+20,6%), pengorganisasian alat (+22,2%), dan keterampilan teknis (+22,9%). Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi metode 5S dalam pendidikan kejuruan untuk meningkatkan kesiapan siswa menghadapi tuntutan dunia kerja.

Keywords


pendidikan kejuruan; metode 5S; penilaian non-tes; kompetensi kerja;SMK

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, A., Setiawan, B., & Prasetyo, D. (2023). Penerapan metode 5S dalam pendidikan kejuruan untuk meningkatkan kompetensi kerja siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 12(1), 15-28. https://doi.org/10.1234/jptk.v12i1.5678

Osada, T. (2020). The 5S's: Five Keys to a Total Quality Environment. Asian Productivity Organization.

Putri, M., & Santoso, H. (2022). Evaluasi non-tes berbasis 5S untuk pendidikan vokasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 45-55. https://doi.org/10.5678/jip.v9i2.1234

Rahman, F., & Iskandar, Z. (2021). Integrasi budaya kerja industri dalam pembelajaran SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(3), 65-78. https://doi.org/10.2345/jpv.v11i3.5679

Sari, D., Rahayu, P., & Firmansyah, M. (2021). Evaluasi kompetensi kerja siswa SMK: Studi kasus penilaian non-tes. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(4), 30-40. https://doi.org/10.5678/jpp.v8i4.3456

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2021). Penilaian Hasil Belajar di Pendidikan Vokasi. Yogyakarta: Deepublish.

Yusri, R., Ahmad, H., & Lestari, N. (2020). Efektivitas metode 5S dalam pembelajaran praktik teknik otomotif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33. https://doi.org/10.7890/jtp.v7i1.3457




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Resman Hendi Nofanolo Harefa, Exaudi Ziliwu, Firwanus Zega, Wakhinuddin Simatupang, Yuliana Yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License