Pengaruh Model Pembelajaran Asinkron dan Sinkron Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Keperawatan Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Model pembelajaran daring baik sinkron maupun asinkron memainkan peran penting dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Pembelajaran sinkron memungkinkan interaksi secara real- time sedangkan pembelajaran asinkron memberikan fleksibilitas waktu bagi mahasiswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispengaruh model pembelajaran sinkron dan asinkron terhadap hasil belajar mahasiswa keperawatan. Desain penelitian menggunakan eksperimen metode kuantititaif dengan kelompok eksperimen terdiri dari mahasiswa yang mengikuti pembelajaran sinkron dan asinkron serta kelompok kontrol mengikuti pembelajaran tatap muka. Sampel penelitian terdiri dari 327 mahasiswa yang dipilih secara acak, masing-masing kelompok terdiri dari 109 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan kuisioner motivasi. Data dianalisis dengan uji ANNOVA dan uji t dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran sinkron dan asinkron. Kelompok yang mengikuti pembelajaran sinkron menunjukan hasil belajar yang lebih tinggi (t= 5.21, p < 0.05), mengindikasikan bahwa model pembelajaran sinkron lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa keperawatan dibandingkan dengan model pembelajaran asinkron.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abuhassna, H., Al-Rahmi, W. M., Yahya, N., Zakaria, M. A. Z. M., Kosnin, A. B. M., & Darwish, M. (2020). Development of a new model on utilizing online learning platforms to improve students’ academic achievements and satisfaction. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00216-z
Akyol, Z., & Garrison, D. R. (2019). The development of a community of inquiry over time in an online course: Understanding the progression and integration of social, cognitive and teaching presence. Online Learning Journal, 12(3–4), 3–22. https://doi.org/ 10.24059/OLJ.V12I3-4.1680
Anthony, B., Kamaludin, A., Romli, A., Raffei, A. F. M., Phon, D. N. A. L. E., Abdullah, A., & Ming, G. L. (2022). Blended Learning Adoption and Implementation in Higher Education: A Theoretical and Systematic Review. Technology, Knowledge and Learning, 27(2), 531–578. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09477-z
Baber, H. (2022). Social interaction and effectiveness of the online learning – A moderating role of maintaining social distance during the pandemic COVID-19. Asian Education and Development Studies, 11(1), 159–171. https://doi.org/10.1108/AEDS-09-2020-0209
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Erawati Negeri, D. S., & Bulan, P. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. In SHEs: Conference Series (Vol. 5, Issue 5). https://jurnal.uns.ac.id/shes
Fabriz, S., Mendzheritskaya, J., & Stehle, S. (2021). Impact of Synchronous and Asynchronous Settings of Online Teaching and Learning in Higher Education on Students’ Learning Experience During COVID-19. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.733554
Jensen, J., Smith, C. M., Bowers, R., Kaloi, M., Ogden, T. H., Parry, K. A., Payne, J. S., Fife, P., & Holt, E. (2022). Asynchronous Online Instruction Leads to Learning Gaps When Compared to a Flipped Classroom. Journal of Science Education and Technology, 31(6), 718–729. https://doi.org/10.1007/s10956-022-09988-7
Kurniawan, S., I, A. P., & Ependi, A. (2023). Analisis Usability Aplikasi C-Access Commuterline Menggunakan System Usability Scale (Sus). Jurnal Syntax Admiration, 4(7), 894–911. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i7.671
Lubis, H. U. (n.d.). Peran IPE dalam Mempersiapkan Perawat Untuk Praktik Kesehatan Secara Global : Literature Review. https://www.researchgate.net/publication/386603235
Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34186
Serepinah, M., Sarifah, I., Nurjannah, N., & Al Ghozali, M. I. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Tingkatan Jenjang Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 231–236. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4431
Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492
Solihin, R. (2022). KOMUNIKASI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS DALAM BLENDED LEARNING PADA MASA PASCA PANDEMI (Vol. 4, Issue 2).
Van Wart, M., Ni, A., Medina, P., Canelon, J., Kordrostami, M., Zhang, J., & Liu, Y. (2020). Integrating students’ perspectives about online learning: a hierarchy of factors. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00229-8
Xie, Y., Huang, Y., Luo, W., Bai, Y., Qiu, Y., & Ouyang, Z. (2022). Design and effects of the teacher-student interaction model in the online learning spaces. Journal of Computing in Higher Education. https://doi.org/10.1007/s12528-022-09348-9
Yunia Zalni, T., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model-Model Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Journal of Biological Education (Vol. 3, Issue 1).
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kadek Devy Marleni, Putu Windi Ridayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License