Menumbuhkan Literasi Digital melalui aplikasi Ipusnas bagi Siswa SD
Abstract
Kurangnya literasi digital masyarakat Indonesia berdasarkan laporan dari Microsoft dan TRG berkenaan dengan Digital Civility Index atau Indeks Keadaban Digital tahun 2021 yang menempatkan Indonesia di posisi yang sangat buruk yakni peringkat ke-29 dari 32 negara, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan literasi digital melalui aplikasi iPusnas bagi peserta didik kelas VI SD Negeri 8 Mamboro. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menumbuhkan literasi digital melalui aplikasi iPusnas dimulai dengan menyediakan sarana dan prasarana, mengenalkan aplikasi iPusnas, melakukan simulasi, hingga menjadwalkan pelaksanaan kegiatan ini agar menjadi suatu kebiasaan baik bagi peserta didik. Dalam proses kegiatan ini tentunya tak lepas dari kendala, ada 2 kendala besar dalam proses ini, yakni kekurangan sarana dan prasarana serta jaringan internet yang kurang stabil. Sehingga, solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan menggunakan sarana dan prasarana secara bergantian, serta menentukan tempat yang memiliki jaringan internet yang bagus untuk melakukan kegiatan tersebut.
Keywords
Literasi; Digital; Ipusnas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Zumrah Zumrah, Rizal Rizal, Kalsum Hiola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License