Pengaruh Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas V pada Materi Manusia dan Lingkungan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111
Aeni, A. N. (2015). Menjadi Guru Sd Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day One Juz (Odoj). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212–223. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331
Aeni, A. N., Hanifah, N., Djuanda, D., Maulana, M., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Guru SD Melalui Pelatihan Convert Powerpoint Menjadi Media Pembelajaran Aplikasi Android. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 384. https://doi.org/10.35914/tomaega.v7i2.2656
Anggraeni, A., Aeni, A. N., & Ismail, A. (2024). Pengaruh Model PjBL terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1491-1496
Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.
Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10471
Bandaso, H., Sinring, A., Priska, D., & Ero, E. L. (2023). Pengaruh Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Journal Tunas Bangsa, 10(2), 105–121. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa
Bhayangkari, I. P., Sintiani, D. P., & Aeni, A. N. (2024). Penggunaan Flipbook Pintar dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 935-946
Dasar, S. S. (2024). MINAT LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR Indika Putri Bhayangkari Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Diva Pramesti Sintiani Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Abstrak Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 8(3), 935–946. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3524
Farikhah, L., Purbasari, I., & Shokib Rondli, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4225–4233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1257
Gaya, M., Melalui, G., & Kontekstual, P. (2017). Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 651–660.
Hasan. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. 2–124.
Khoerun, S., Riska, N., Mulyati, N., Baida, N., & Hayati, K. (2024). Analisis Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournamen ( TGT ) di Sekolah Dasar. 3(2), 1308–1313.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Maghfiroh, E., & Arifin, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Menyenangkan dengan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Memudahkan Pembelajaran IPA Terhadap Peserta Didik. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 213. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1272
Mulatsih, B. (2021). Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. Penerapan Taksonomi Bloom Revisi Pada Pengembangan Soal Kimia Ranah Pengetahuan, 6(1), 1–10.
Mulyani, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Teams Game Turnament. Jurnal Dikdas Bantara, 4(1), 16–26. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i1.1229
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Pendidikan, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Rahmawati, Y. E., & Muryaningsih, S. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Luas di Kelas IV SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. Journal on Education, 6(4), 18915–18926. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5744
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research Dan Development. Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yolan Faiz Jamahsyari, Ali Ismail, Ani Nur Aeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License