Pengaruh Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas V pada Materi Manusia dan Lingkungan

Yolan Faiz Jamahsyari, Ali Ismail, Ani Nur Aeni

Abstract


Pendidikan memiliki peran dalam mengembangkan sikap, perilaku, dan keterampilan individu. Kompetensi guru, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan, menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar, selain pencapaian akademis, penting juga untuk mengembangkkan keterampilan abad 21 seperti kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah Teams Games Tournament (TGT). Model ini dirancang untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan meningkatkan keterlibatan aktif siswa, serta mengembangkan pemahaman dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model TGT terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas V pada materi Manusia dan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian melibatkan 16 siswa kelas V SDN Sindangpala. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap: persiapan (uji coba instrumen dan validitas), pelaksanaan (Pembelajaran konvensiaonal, Pretest, perlakuan menggunakan model TGT, dan  Posttest), serta pengolahan data. Instrumen yang dilakukan menggunakan SPSS dengan uji Paired Sampel T-Test dan Uji N-Gain. Hasil menunjukan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif siswa, dengan nilai rata-rata Pretest sebesar 48,44 meningkat menjadi 77,81 pada Posttest. Uji Paired Sample T-Test menunjukan p-value sebesar 0,000 sementara Uji N-Gaini menghasilkan rata-rata 0,5692, menandakan efektivitas model TGT dalam meningkatkan kognitif siswa pada materi Manusia dan Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Aeni, A. N. (2015). Menjadi Guru Sd Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day One Juz (Odoj). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212–223. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331

Aeni, A. N., Hanifah, N., Djuanda, D., Maulana, M., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Guru SD Melalui Pelatihan Convert Powerpoint Menjadi Media Pembelajaran Aplikasi Android. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 384. https://doi.org/10.35914/tomaega.v7i2.2656

Anggraeni, A., Aeni, A. N., & Ismail, A. (2024). Pengaruh Model PjBL terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1491-1496

Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10471

Bandaso, H., Sinring, A., Priska, D., & Ero, E. L. (2023). Pengaruh Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Journal Tunas Bangsa, 10(2), 105–121. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa

Bhayangkari, I. P., Sintiani, D. P., & Aeni, A. N. (2024). Penggunaan Flipbook Pintar dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 935-946

Dasar, S. S. (2024). MINAT LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR Indika Putri Bhayangkari Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Diva Pramesti Sintiani Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia , Indonesia Abstrak Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 8(3), 935–946. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3524

Farikhah, L., Purbasari, I., & Shokib Rondli, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4225–4233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1257

Gaya, M., Melalui, G., & Kontekstual, P. (2017). Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 651–660.

Hasan. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. 2–124.

Khoerun, S., Riska, N., Mulyati, N., Baida, N., & Hayati, K. (2024). Analisis Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournamen ( TGT ) di Sekolah Dasar. 3(2), 1308–1313.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Maghfiroh, E., & Arifin, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Menyenangkan dengan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Memudahkan Pembelajaran IPA Terhadap Peserta Didik. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 213. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1272

Mulatsih, B. (2021). Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. Penerapan Taksonomi Bloom Revisi Pada Pengembangan Soal Kimia Ranah Pengetahuan, 6(1), 1–10.

Mulyani, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Teams Game Turnament. Jurnal Dikdas Bantara, 4(1), 16–26. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v4i1.1229

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Pendidikan, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Rahmawati, Y. E., & Muryaningsih, S. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Luas di Kelas IV SD Negeri 1 Banjarsari Kulon. Journal on Education, 6(4), 18915–18926. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5744

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research Dan Development. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yolan Faiz Jamahsyari, Ali Ismail, Ani Nur Aeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License