Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtida’iyah
Abstract
Penelitian ini memaparkan tentang kajian evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 03 Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) menggambarkan persiapan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 03 Kabupaten Semarang; (2) menganalisis kendala dan solusi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 03 Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data dalam wawancara yaitu kepala sekolah/pelaksana harian kepala sekolah, wali kelas I dan wali kelas IV serta siswa kelas IV. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Kajian implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 3 Kabupaten Semarang sudah berjalan dengan baik, persiapan yang dilakukan oleh pihak madrasah melibatkan Kepala Madrasah, wali kelas I, wali kelas IV dan sebagian guru dengan mengikuti arahan yang disampaikan oleh pemerintah melalui kepala madrasah. (2) Adapun kendala implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 3 Kabupaten Semarang adalah kurangnya guru mendapatkan pembekalan dan pendampingan secara langsung pada pelaksanaannya. Guru juga mengalami kesulitan dalam menyusun modul ajar dan menerapkan Profil Pelajar Pancasila serta metode Project Based Learning. Untuk mengatasi hal ini, kepala sekolah berkoordinasi dengan guru-guru untuk saling membantu dalam implementasi Kurikulum Merdeka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, Ibad, A. Z., Anam, N. K. A., & Hariwahyuni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah ( Mi ). Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(1).
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Hasanah, N., Sembiring, M., Afni, K., Dina, R., & Wirevenska, I. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. Ruang Cendikia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 235–238.
Isa, Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam menerapkan Peraturan-Peraturan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3419–3423. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2596
Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Tentang Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023, (2022) (testimony of Dirjen Pendidikan Islam).
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Krisnamurti, C. N., & Rahayu, S. R. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.237
Meisin. (2022). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas I dan IV di Sdn 17 Rejang Lebong. http://etheses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1923%0Ahttp://etheses.iaincurup.ac.id/1923/1/Meisin%281%29.pdf
Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di Smp Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 312–318. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589
Moh. Masnun. (2023). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Cahaya Mandalika, 235–246.
Muslimin, I. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. 5(1), 108–130.
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 41–49.
Sabilla, D. A., Ashar, H., & Nursikin, M. (2023). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Jhon Dewey Sebagai Landasan Pelaksanaan P5 dalam Kurikulum Merdeka. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 632–643.https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.176
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilawati, E., Sarifuddin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platfrom Merdeka Mengajar. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Tsania, F. Q. P., & Surawan, S. (2022). Analisis Kesiapan Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah Manbail Futuh Jenu. Prosiding SNasPPM, 7(1), 513–517. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1447
Wulandari, R., Choirun’nisa, F. M., Aisy, N. R., & Riduan. (2022). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Anak Usia Disi di Kelompok Bermain Bunda Rosa Desa Langkan 1 Banyuasin III. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 164–174.
Zainul Mustofa, M., & Setiyono, J. (2023). Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 344–348.
Zarkasi, T., Muslihatun, & Fajri, M. (2022). Madrasah Dalam Platfom Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gema Nurani Guru, 1(2), 71–77.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.393
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Masum Masum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License