Penggunaan Media Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Wordwall dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV (a) SDN 8 Mamboro. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV (a) SDN 8 Mamboro yang berjumlah 19 orang. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, rata-rata minat belajar siswa meningkat dari 60% menjadi 75%, dan pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi 85%.
Keywords
Wordwall; Minat Belajar; Pendidikan Pancasila
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Zaitun Zaitun, Rizal Rizal, Kalsum Hiola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License