Pemanfaatan Edugame Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat belajar matematika di kelas 1 A SD Negeri 8 Mamboro telah meningkat dengan menggunakan Edugame Wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan aplikasi Wordwall pada siklus pertama tidak memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah menggunakan web edugame Wordwall, hasil pembelajaran rata-rata adalah 70% dan ketuntasan klasikal 66%. Dalam siklus 2, aktivitas peserta didik meningkat; 17 peserta didik dalam kategori aktif dalam proses pembelajaran menerima skor rata-rata 90% dengan ketuntasan klasikal yang baik, dan 15 peserta didik dalam kategori aktif menjawab pertanyaan menerima skor rata-rata 75%. sehingga wordwall edugame dapat meningkatkan minat siswa dalam matematika kelas 1.
Keywords
Edugame Wordwalli; Media Pembelajaran;Matematika;Penilitian Tindakan Kelas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Zainab Azahra, Rizal Rizal, Kalsum Hiola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License