PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Su’dadah Su’dadah

Abstract


Orang tua atau ayah dan ibu dalam sebuah keluarga adalah seorang pendidik, karena orang tua bertanggungjawab penuh terhadap perkembangan peserta didik yakni anaknya. Bahkan Islam mengatakan bahwa keberhasilan anak tergantung pada orang tuanya, hal ini seperti yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW, bahwa setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah. Maka proses pertumbuhannya kemudian tergantung orang tuanya. Bila orang tuanya salah asuh, maka ia akan kehilangan fitrahnya. Hal ini juga yang memunculkan pernyataan bahwa orang tua adalah pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Untuk itu, tulisan ini berusaha untuk mengkaji bagaimana peran orang tua dalam pendidikan Islam. Berdasarkan hasil kajian penulis menemukan bahwa peran orang tua dalam pendidikan islam secara garis besar terbagi menjadi tiga peran, yaitu peran orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai pelindung, dan orang tua sebagai teladan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Nasih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam Jilid I, Asy-Syifa, Semarang: 1993

Abdul Basith Muhamad As-Sayid, Pola Makan Rasulullah (Makan Sehat Berkualitas Menurut Al-Qur’an dan As-Sunah), AlMahira, Jakarta: 2007

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Kencana, Jakarta: 2006

Abdullah Nasih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam Jilid II, Asy-Syifa, Semarang: 1993

Abdurrahman An-Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Gema Insani, Jakarta: 1995

Abidin Ibn Rusn, Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta: 1998

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Logos, Jakarta: 1997

Achmadi, Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Aditya Media, Yogyakarta: 1992

Adnan Hasan Shalih Baharist, Mendidik Anak Laki-laki, Gema Insani, Jakarta: 2007

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Rosda, Bandung: 2004

Ari H Gunawan, Kebijakan-kebijakan Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta: 1995

Aunur Rahim Fakih, Bimbingan Konseling dalam Islam, UII Press, Yogyakarta: 2001

Azyumardi Azra, Esai-esai Intelektual Muslim Pendidikan Islam, Logos, Jakarta: 1999

Baihaqi, Mendidik Anak dalam Kandungan menurut Ajaran Islam, Darul Ulum Press, Jakarta: 2001

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Rosdakarya Ofset, Bandung: 2007

H.M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam (Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Indisipliner), Bumi Aksara, Jakarta: 2006

Hadari Nawawi, Pendidikan dalam Islam, Al-Ikhlas, Surabaya: 1993

Heri Jauhari Mukhtar, Fikih Pendidikan, Rosda, Bandung: 2005

Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Pustaka Zahra, Jakarta: 2004

Hibana S Rahman, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, PGTKI Press, Yogyakarta: 2002

Husain Syahatah, Ekonomi Rumah Tangga Muslim, Gema Insani, Jakarta: 1998

Ibrahim Amini, Agar Tak Salah Mendidik, Al-Huda, Jakarta: 2006

Jalaludin, Teologi Pendidikan, Rajawali Press, Jakarta: 2003

M. Quraisy Shihab, Perempuan, Lentera Hati, Jakarta: 2005

Mahmud Yunus, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Hidakarya Agung, Jakarta: tt

Mansur, Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Mitra Pustaka, Yogyakarta: 2005

___________, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Pustaka Pelajar,

Yogyakarta: 2007

Miqdad Yaljan, Potret Rumah Tangga Islami terj. SA. Zemool, Pustaka Manti, Solo: 1987

Monty P Satiadarma, Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak (Dampak Pygmalion di dalam Keluarga), Obor, Jakarta: 2001

Muhaimin, Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam (Kajian Filosofis Kerangka Dasar Operasionalisasinya), Trigenda Karya, Bandung: 1993

Muhamad Muhyidin, Buku Pintar Mendidik Anak Soleh dan Solehah dalam Kandungan sampai Remaja (Sebuah Panduan Praktis), Diva Press, Yogyakarta: 2006

Muhamad Zain, Metodologi Pengajaran Agama, Sumbangsih Ofset, Yogyakarta: 1991

Muhyidin Abdul Hamid, Kegelisahan Rasulullah Mendengar Tangis Anak, Mitra Pustaka, Yogyakarta: 2000

Norma Tarazi, Wahai Ibu Kenali Anakmu (Pegangan Orang Tua Muslim Mendidik Anak), Mitra Pustaka, Yogyakarta: 2001

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta: 1998

Ridlwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal (Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan), Pustaka Pelajar, Yogyakarta: 2005

Saiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Rineka Cipta, Jakarta: 2000

Samsul Munir Amin, Menyiapkan Masa Depan Anak secara Islami, Amzah, Jakarta: 2007

Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam (Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis), Ciputat Press, Jakarta: 2002

Suciati dkk, Belajar dan Pembelajaran, UT, Jakarta: 2005

Syafinuddin Al-Mandari, Rumahku Sekolahku (Panduan Islami untuk Mencerdaskan Anak dalam Lingkungan Keluarga), Pustaka Zahra, Jakarta: 2004

Tamyiz Burhanudin, Akhlak Pesantren Solusi Bagi Kerusakan Akhlak, ITTAQA Press, Yogyakarta: 2001

Wajihudin Alantaqi, Tuntunan Menjadi Orang Tua, Al-Asy’ariyah, Wonosobo: 2008

Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlak, LPPI, Yogyakarta: 2000

Yunus Namsa, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Pustaka Firdaus, Ternate: 2000

Zakiah Darajat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Ruhama, Jakarta: 1995

___________, Ilmu Pendidikan Islam, Ruhama, Jakarta: 1995

Appendices (if any, as appropriate)




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i1.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Su’dadah Su’dadah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License