Penerapan Aplikasi Quizizz Berbasis Mode Kertas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SDN 8 Mamboro

Taskirah Tunnisah, Nashrullah Nashrullah, Redna Redna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Mamboro pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan aplikasi Quizizz berbasis mode kertas sebagai media pembelajaran. Quizizz adalah media pembelajaran interaktif yang mampu mendukung keterlibatan langsung antara guru dan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui serangkaian siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dirancang dalam tiga siklus. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV B SDN 8 Mamboro, yang mencakup 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, rata-rata ketercapaian hasil belajar adalah 38,89%; meningkat menjadi 66,67% pada siklus II; dan mencapai 88,89% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Quizizz berbasis mode kertas sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini berhasil menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, mengurangi kebosanan siswa, dan berkontribusi pada peningkatan hasil belajar secara signifikan dari siklus I hingga siklus III.

Keywords


Aplikasi Quizizz Berbasis Mode Kertas; Media Pembelajaran; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, T., & Shattuck, J. (2012). Design-based research: A decade of progress in education research? Educational Researcher, 41(1), 16-25.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Heick, T. (2019). 21st-century learning: The essential skills. Retrieved from https://www.teachthought.com

Humairoh. (2023). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI], 1(1), 1-12.

Humairoh, N. (2023). Penggunaan Quizizz dalam pembelajaran interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(3), 45-56.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Mulyasa. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Alfabeta.

Pagarra, I., Syawaluddin, A., & Aswad, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 112-123.

Pagarra, Syawaluddin, dkk. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.

Pratiwi, M. K., & Indana, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis QR-Code untuk Melatih Kemampuan Literasi Digital Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 457-468.

Pratiwi, R., & Indana, S. (2022). Implementasi QR Code dalam media pembelajaran interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 78-85.

Rini, D., & Zuhdi, M. (2023). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 11(1), 65-74.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68-78.

Schleicher, A. (2018). World class: How to build a 21st-century school system. OECD Publishing.

Widiastuti, N., & Suparman, M. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 120-130.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Taskirah Tunnisa, Nashrullah Nashrullah, Redna Redna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License