Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Wulan Izzatul Himmah, Qurrotu Ayun

Abstract


Penentu prestasi belajar siswa bukan hanya IQ saja. Salah satu faktornya adalah Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini mengkaji mengenai deskripsi Adversity Quotient (AQ) siswa dan besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika pada siswa tingkat MTs. Penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan populasinya yaitu seluruh siswa MTs kelas VII di dua MTs wilayah Kabupaten Kudus. Melalui teknik simple random sampling, terpilih sejumlah 72 siswa kelas VII di dua MTs wilayah Kabupaten Kudus sebagai sampel penelitian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi, angket, serta tes yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan bagaimana AQ siswa dan dilanjutkan dengan uji regresi linier sederhana yang digunakan untuk mengetahui pengaruh AQ terhadap prestasi belajar.  Dari hasil analisis data, diketahui bahwa paling banyak siswa memiliki AQ dengan kategori cukup tinggi, yaitu sebanyak 40,28%. Berdasarkan uji regresi linier sederhana disimpulkan bahwa AQ berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai koefisien determinasi 0,650 yang artinya persentase sumbangan pengaruh AQ terhadap prestasi belajar matematika sebesar 65,0% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan pada model ini.


Keywords


Pengaruh, Adversity Quotient, Prestasi Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rhineka Cipta.

Chaplin, J. . (2006). Kamus Lengkap Psikologi.Terj. Kartini Kartono. PT. Grafindo Persada.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rajawali Pers

Mulyani, E., Wahyuningsih, S., & Natalliasari, I. (2019). Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Mosharafa, 8(1), 119–130.

Nashori, F. (2007). Potensi-Potensi Manusia: Seri Psikologi Islam. Pustaka Pelajar.

Priyatno, D. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta:ANDI.

Santos, M. J. . (2012). Assessing the Effectiveness of the Adapted Adversity Quotient Program in a Special Education School. International Refereed Research Journal, 3(4 (2)).

Setyaningtyas, E. (2011). Hubungan Adversity Quotient ( Aq ) Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Kebidanan Universitas Sebelas Maret. Universitas Sebelas Maret.

Sinamo, J. (2010). 8 Etos Keguruan. Institut Darma Mahardika.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. PT Grasindo.

Stoltz, P. G. (2005). Adversity Quotient : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. PT Grasindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukestiyarno.(2011). Olah Data Penelitian Berbenatuan SPSS. Semarang: UNNES.

Wardiana, I. P. A., Wiarta, I. W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan Antara Adversity Quotient ( Aq ) Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Di Kelurahan Pedungan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_wilayah!03&24&999!T&03&2&T&1&!1!&. Diakses pada 10 Juli 2020.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wulan Izzatul Himmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License