Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Kelas XI J SMA Negeri 2 Palu

Rasyida Bulqis, Jamaludin Jamaludin, Samrati Abdul Hamid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi Keterkaitan Antarsila Pancasila kelas XI J SMA Negeri 2 Palu. Model Problem Based Learning ini adalah suatu model pembelajaran berbasis kepada permasalahan yang mampu meningkatkan cara berfikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan memperhatikan tahapan Penelitian Tindakan Kelas mulai dari  perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflekting). Instrumen yang digunakan pada Penelitian ini adalah lembar observasi dan soal evaluasi,  untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, respon siswa serta peningkatan cara berfikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model Problem Based Learning, persentase ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 27.77% pada pre-test menjadi 97.22% pada post-test. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 80.2% pada siklus 1 menjadi 90.4% pada siklus 2. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya,  yakni 59.4% pada siklus 1 meningkat menjadi 84.6% pada siklus 2. Sebagian besar siswa menunjukkan respon positif terhadap model PBL dengan 83% siswa merasa sangat tertarik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL efektif dalam menigkatkan kemampuan berpikir ktritis siswa terutama dalam mengaplikasikan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. 


Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2012). Learning to Teach. New York: Mc Graw-Hill Education.

Cahyani, HD, Hadiyanti, AHD, & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927.

Fajarwati, I. (2020). Problem Based Learning (PBL) to Improve Critical Thinking Skills. SHEs: Conference Series, 3(3), 2238- 2243.

Fransiska, A., Prasetyo, E., & Jufriansah, A. (2021). Desain LKPD Fisika Terintegrasi HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 153–158.

Imelda, & Anzelina, D. (2019). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningatkan Higher Order Thinking Skills. MES: Journal of Mathematics Education and Sciences, 5(1), 11–19.

Mahmudah, M., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 80–93.

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613.

Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., & Rahayu, T. G. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 7–12.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusnandar, A. M., Syamsiah, Hamkah L. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran KooPeratif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Peserta didik Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar. Jurnal Biologi Teaching and Learning, 4(2), 92-101.

Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Ulya, F., Masturi, M., & Partaya, P. (2023). The Development of Science Learning Tools with the SSCS Model Integrated with Islamic Values to Improve Critical Thinking Skills. Journal of Innovative Science Education, 12(2), 208–214.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rasyida - Bulqis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License