Sikap Mahasiswa Terhadap Penyelenggaraan Evaluasi Dosen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah sikap mahasiswa terhadap penyelenggaraan evaluasi dosen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada prodi di lingkungan fakultas pendidikan yang mendapatkan matakuliah evaluasi program di semester VI dengan mahasiswa berjumlah 90 mahasiswa. Jurusan tersebut dipilih dengan pertimbangan sebagai satu-satunya jurusan di lingkungan fakultas yang mendapatkan mata kuliah evaluasi program pendidikan. Adapun penentuan sampel dilakukan dengan teknik sistimatik, berjumlah 45 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menjelaskan fenomena atau kenyataan sosial dengan jalan mendeskripsikan sikap mahasiswa terhadap penyelenggaraan evaluasi dosen. Alat pengumpul data yang digunakan dalam bentuk angket dengan jumlah 49 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, digunakan untuk membantu menjelaskan variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa pada umumnya berada pada klasifikasi kurang mengetahui tentang penyelenggaraan evaluasi dosen, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil penelitian menunjukan posisi mayoritas mahasiswa yaitu sejumlah 17 mahasiswa atau 38 % berada pada klasifikasi kurang mengetahui. Kemudian pada tingkat pilihan jawaban terhadap instrumen sikap mahasiswa terhadap penyelenggaraan evaluasi dosen, pilihan jawaban memusat pada jawaban “kurang sesuai “ yaitu sejumlah 31% dari 49 pertanyaan yang ada, atau ada sejumlah 15 pertanyaan dari 49 pertanyaan mahasiswa menjawab kurang sesuai dengan keadaan dirinya atau kurang mengetahui tentang penyelenggaraan evaluasi dosen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan (C. Wijaya, Ed.; 1st ed.). Medan : Perdana Publishing.
Arikunto, S., & Jabar, S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan (2nd ed.). Jakarta : Bumi Aksara.
Basit, A., Alfi, I., & Widodo, A. (2022). Model CIPP (Contexs, Input, Process and Product) dalam evaluasi kinerja akademik Fakultas Dakwah UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 27–37. https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.12940
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Reseach Methods in Eduacation. In Routledge (Eight, Issue 2). New York : Routledge.
Firdaus, A. B., Junaris, I., Amrullah, A. H., & Fauzi, M. A. (2023). Efektifitas Platform EDM Sebagai Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan di Lingkungan Kemenag Banyuwangi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 1–11. https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/
Fitzpatrick, J. L. ., Sanders, J. R. ., & Worthen, B. R. . (2012). Program evaluation : alternative approaches and practical guidelines (Vol. 4). New Jersey : Pearson Education.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design And Evaluate Reseach In Education ( beth Mejia, V. Malinee, & S. Kiefer, Eds.; 8th ed.). New York : McGraw-Hill.
Indriani, F. I., & Holisah, H. (2022). Evaluation of the implementation of the Teaching Campus program in elementary school: A phenomenological approach. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 26(2). https://doi.org/10.21831/pep.v26i2.46834
Landa-blanco, M., & Cort, A. (2021). Psychology students’ attitudes towards research : the role of critical thinking , epistemic orientation , and satisfaction with research courses. 7(June), 0–5. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08504
Mertents, D. M. , W. A. T. (2019). Program Evaluation Theory And Practice (9th ed.). New York : Guilford Press.
Saleh, A. A. (2020). Psikologi Sosial (1st ed.). Pare-Pare : Nusantara Press.
Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi Guru. Bandung : Yrama Widya.
Singarimbun, M. (2012). Metode Penelitian Survei (T. Sofian Efendi, Ed.; 30th ed.). Jakarta : LP3ES.
Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Application (2nd ed.). Jossey-Bass.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan (14th ed.). Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sumanto. (2014). Psikologi Umum (1st ed.). Yogyakarta : PT Caps.
Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, Kemendikbud 1 (2003).
Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran (2nd ed.). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Wulandari, H., & Poerwanti, E. (2023). Analisis Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar. Afeksi : Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 1–8. https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 heny Narendrany hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License