Pemetaan Kemampuan Bahasa Indonesia Peserta Didik Menggunakan Rasch Model: Analisis Empiris di SMPN 7 Rantau Bayur

Isnayati Isnayati, Dwi Aryani, Fika Fransiska, Desi Agustina Rohmadhawati, Ratu Wardarita, Puspa Indah Utami

Abstract


Pemetaan kemampuan peserta didik memiliki peran yang sangat penting dalam mengidentifikasi kesulitan belajar serta mengevaluasi efektivitas pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Bahasa Indonesia peserta didik pada materi analisis teks berita, teks iklan, slogan dan poster, teks eksposisi, serta teks puisi menggunakan pendekatan Rasch Model. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel berjumlah 27 peserta didik kelas VIII SMPN 7 Rantau Bayur. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik secara keseluruhan berada pada kategori sedang, dengan rata-rata kemampuan sebesar 0,72 logits. Rincian hasil penelitian menunjukkan bahwa 33% peserta didik memiliki kemampuan tinggi, 56% berada pada kategori sedang, dan 11% berada pada kategori rendah. Selain itu, ditemukan tiga peserta didik, yaitu nomor urut 18, 22, dan 27, yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan intervensi atau dukungan pembelajaran tambahan untuk meningkatkan kemampuan mereka agar dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Temuan ini mengindikasikan perlunya perhatian lebih dari pihak guru dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran yang lebih adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dengan tingkat kemampuan yang bervariasi.


Keywords


Bahasa Indonesia; Pemetaan kemampuan; Rasch model

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Analisis Teks melalui Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 25(2), 123-135.

Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rasch Model: Fundamental Measurement in the Human Sciences (3rd ed.). Routledge.

Boone, W., Staver, J., & Yale, M. (2014). Rasch Analysis in the Human Sciences. Dordrecht: Springer.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.

Danni, R., & Tauratiya, T. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 17–22. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1191

Danni, R., Wahyuni, A., & Tauratiya, T. (2021). Item Response Theory Approach: Kalibrasi Butir Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 93–104. https://doi.org/10.24865/AJAS.V6I1.320

Istiqlal, M., Istiyono, E., Widihastuti, W., Sari, D. K., Danni, R., & Safitri, I. (2024). Construction of Mathematics Cognitive Test Instrument of Computational Thinking Model for Madrasah Aliyah Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 475–492. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4425

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Standar Isi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Linacre, J. M. (2012). A user's guide to WINSTEPS. Retrieved from https://www.winsteps.com

Mardapi, D. (2017). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Mustafa, N., Khairani, A. Z., & Ishak, N. A. (2021). Calibration of the science process skills among Malaysian elementary students: A Rasch model analysis. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(4), 1344–1351. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i4.21430

Nugraha, R., & Kurnia, D. (2021). Pengembangan Pembelajaran Analisis Teks Iklan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 45-55.

Nugroho, A., & Fitriani, R. (2019). Pengembangan Kemampuan Analisis Teks Eksposisi melalui Pendekatan Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(2), 78-89.

Nurhayati, A., & Setiawan, B. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 50-60.

Prasetya, Y., & Wijaya, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Analisis Teks Eksposisi Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Teks Eksplisit. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(3), 150-162.

Purwanti, D. (2016). Kesulitan siswa dalam keterampilan menulis dan berbicara bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 102-110.

Rahman, A., & Suparman, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Teks Berita terhadap Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(3), 101-110.

Rahmawati, L., & Pratama, D. (2019). Pengembangan Keterampilan Analisis Puisi melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 100-110.

Rahmawati, N. (2020). Tantangan penerapan kurikulum nasional di sekolah pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-55.

Santoso, D., & Harahap, A. (2018). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Teks Eksposisi pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Studi Pendidikan Bahasa, 9(4), 190-202.

Sari, E., & Putri, A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Analisis Teks Iklan dalam Meningkatkan Keterampilan Analisis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 120-130.

Setiawan, A., & Rahmawati, D. (2018). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Teks Visual pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(3), 99-110.

Setiawan, R., & Maulana, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Analisis Teks terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 120-130.

Sudarmono, S. (2019). Kesenjangan literasi di sekolah pedesaan dan perkotaan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 189-197.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi pemodelan Rasch pada assessment pendidikan. Trim Komunikata.

Susanto, A., & Widodo, B. (2018). Meningkatkan Pemahaman Teks Puisi melalui Metode Pembelajaran Kreatif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(4), 89-99.

Syamsuri, D. (2017). Pendidikan bahasa Indonesia sebagai upaya peningkatan kemampuan literasi. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 32-45.

Wardani, I., & Prasetyo, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menganalisis Teks Iklan dan Media Persuasif. Jurnal Studi Pendidikan, 17(4), 150-160.

Wright, B. D., & Stone, M. H. (1999). Best Test Design: Rasch Measurement. Mesa Press.

Wright, B. D., & Stone, M. H. (2004). Making measures. Chicago, IL: Phaneron Press

Yusuf, M., & Hidayati, N. (2020). Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Teks di Kelas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(4), 210-220.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Isnayati Isnayati, Dwi Aryani, Fika Fransiska, Desi Agustina Rohmadhawati, Ratu Wardarita, Puspa Indah Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License