Analisis Kesiapan Guru dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Abstract
Guru memiliki peran sentral dalam menentukan keberhasilan implementasi kurikulum. Pergantian dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka menjadi tantangan sekaligus peluang bagi guru untuk mendukung pencapaian tujuan kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru dalam menghadapi implementasi Kurikulum Merdeka di SD NU Pemanahan, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru telah mengikuti berbagai pelatihan, seperti diklat, uji coba implementasi, studi banding, dan sesi berbagi pengalaman, masih terdapat kendala dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Kendala utama meliputi keterbatasan sumber daya sekolah, minimnya fasilitas pendukung, serta kurangnya pemahaman guru terhadap tujuan, konsep, dan implementasi praktis dari kurikulum baru. Temuan ini memberikan gambaran penting tentang kesiapan guru serta faktor-faktor yang perlu ditingkatkan untuk mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Listyo Mahardika, R. (2022). Paduan Pembelajaran dan Asesmen. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia (p. 119).
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 290–298.
Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 14.
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. In JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran (Vol. 1, Issue 2, pp. 271–279). https://stikesbanyuwangi.ac.id/jurnal/index.php/JUPE2/article/view/169
Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. PT Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Menjadi_Guru_Penggerak_Merdeka_Belajar/0WAlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=mulyasa&printsec=frontcover
Muslimin, M., Prayitno, M., & Arianto, O. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Conversation Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(6), 898-905.
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent Curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(4), 32–41. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps
Rizky Satria, M., Adiprima, P., Jeanindya, M., Yogi, A., Anitawati, Sekarwulan, K., & Yani Harjatanaya, T. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Panasila (p. 218).
Romanti. (2023). Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka. Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan,Kebudayaan,Riset,Dan Tekologi Republik Indonesia. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/memahami-lebih-lanjut-tentang-peran-guru-dalam-kurikulum-merdeka/
Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. In Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 7, Issue 2, pp. 1490–1499). https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203
Simon P. O. W., E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Sulifan, Y. (2022). Kesiapan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Viva.Co.Id. https://www.viva.co.id/vstory/opini-vstory/1554484-kesiapan-guru-menerapkan-kurikulum-merdeka?page=1
Suryaningsih, H. A., & Purnomo, H. (2023). Kesiapan Guru Terhadap Literasi Digital Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri Sembungan. In Renjana Pendidikan Dasar (Vol. 3, Issue 4, p. 247). https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/546
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.29333/ejecs/311
Usman, U., Lestari, I. D., Astuti, S. H., Izanah, N., Wardani, R. A., Rahmah, A., & Purbasari, N. (2023). Analisis Hambatan Pembelajaran Biologi Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 220–231. https://doi.org/10.55047/jrpp.v2i1.368
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., & Sudiapermana, E. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wahyuni, S., Fitriyah, I., & Hasanah, I. (2023). The Implementation of Merdeka Belajar Curriculum At English Department of Indonesian Universities. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies), 10(2), 307–332. https://doi.org/10.30762/jeels.v10i2.1249
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Wirachman, R., & Ike Kurniawati. (2023). Studi Deskriptif Model Pembelajaran Role Playing Berlandaskan Teori Social Learning Berbasis Pedagogik Kreatif. Inventa, 7(1), 37–49. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a6996
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Farah Adiba, Nofica Andriyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License