Peningkatan Hasil Belajar Perkalian pada Siswa Kelas 3 SD Melalui Problem Based Learning dengan Media Keranjang P4

Nimas Wina Lestari, Eva Nurul Malahayati, Sripit Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar perkalian pada siswa kelas 3 SD melalui Problem Based Learning (PBL) dengan media keranjang P4, yang fokus pada keterampilan pemecahan masalah, pemahaman konsep matematika, dan penguatan kemampuan berpikir kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental tipe Non-Equivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Kanigoro 03 Kabupaten Blitar, dengan sampel kelas IIIA (kontrol) dan kelas IIIB (eksperimen), masing-masing 26 siswa, dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi untuk memantau proses pembelajaran dan tes terdiri dari 25 soal (15 pilihan ganda dan 10 isian singkat) untuk mengukur kemampuan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL dengan media keranjang P4 pada ranah kognitif, khususnya dalam operasi hitung perkalian dalam uji statistik Paired Samples t-test mengonfirmasi perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kedua kelompok dengan nilai probabilitas (Sig.) 0.000, artinya menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian, model PBL berbantuan media keranjang P4 terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar kognitif.

Keywords


Hasil belajar perkalian; Model PBL; Keranjang P4

Full Text:

PDF

References


Arham, R., Nasaruddin, & Pagarra H. (2022). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Pinisi Journal of Education.

Auliah, G. S., Darmiany, & Nurhasanah. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 9 Ampenan tahun pelajaran 2022/2023. Griya Journal of Mathematics Education and Application.

Batu, L. L., Sihombing, L. N., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 di Kelas III SD Negeri Percontohan 091317 Pematang Raya. Multiverse Open Multidisciplinary Journal.

Damanik, D. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Rak Telur Rainbow Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. JURRIPEN: Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 163-175.

Harahap, S. W. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Strategi Inquiry Untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Tesis Sarjana Universitas Negeri Padang.

Maria, A. & Maulana R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal MASAGI.

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 31-41.

Maulyda, A. M. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Purwokerto: CV IRDH.

Novita, N., Aulia, I. T., & Fatmi, &. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal on Education.

Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa'diyah R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. Cipayung-Jakarta Timur: Edu Pustaka.

Oktafia, F., & Devi, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning di SDN 04 Pasar Surantih. Jurnal Pendidikan Tambusai.

PadakariLeharoi. (2021). Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Dengan Menggunakan Media Sempoa Pada Siswa Tunarungu Kelas IV Di SLBN 1 Gowa. Jurnal Universitas Negeri Makassar.

Sihombing, J. M., Syahrial, & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 1003-1016.

Sopiah, A. O. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Sebagai Sarana Mengembangkan Pembelajaran Matematika SD. Seminar Nasional Pendidikan.

Sugini, C. M., & Masniladevi, S. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Perkalian dan Pembagian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar.

Sukardiyono, T. (2015). Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, dan Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas. Makalah PTK.

Wibowo, N., (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2.

Wulandari S. F., (2020). Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik di SDIT Harapan Umat Brebes. Skripsi Sarjana UNNES.

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 3200-5500.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nimas Wina Lestari, Eva Nurul Malahayati, Sripit Widiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License