Pengaruh APEM dengan Model PBL dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini berfokus pada rendahnya kemampuan matematika murid Indonesia, yang tercermin dari skor rata-rata PISA 2022 sebesar 366, jauh melampaui level minimum OECD. Observasi di tiga sekolah dasar di Blitar menunjukkan bahwa alat bantu pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada benda konkret dan minim pemanfaatan teknologi digital. Wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa kendala utama dalam penggunaan teknologi adalah keterbatasan perangkat dan dukungan orang tua. Tujuan utamanya adalah untuk menguji pengaruh Aplikasi Pembagian (APEM) sehubungan dengan minat serta perkembangan hasil belajar murid kelas III pada materi pembagian, serta mengidentifikasi hambatan dalam penerapan media pembelajaran berbasis digital. Memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tidak murni dan rancangan pretest-posttest dengan kelompok kontrol yang tidak setara, penelitian dilakukan di UPT SD Negeri Kepanjen Kidul 02 selama Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024, melibatkan 44 murid. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan APEM secara signifikan meningkatkan minat dan hasil belajar murid, dengan skor posttest yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji statistik mendukung validitas temuan, menunjukkan bahwa penggunaan APEM memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan matematika murid. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar pengajaran matematika lebih sering menggunakan media APEM untuk meningkatkan pengaruh pembelajaran, terutama pada materi yang membutuhkan pemahaman konsep, seperti pembagian. Penggunaan media ini, yang dikombinasikan dengan model PBL, terbukti berpengaruh dalam meningkatkan minat dan pencapaian belajar murid secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M., Septiani, L. R., & Khayatun, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Terhadap Minat Belajar Murid. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV) Volume 4 Nomor 1.
Choir, S. M., & Reffiane, F. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbatuan Media Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. JIPS: Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah .
Fathoni, A., Prasodjo, B., Jhon, W., & Zulqadri, D. M. (2023). MEDIA DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL: HAKIKAT, MODEL PENGEMBANGAN & INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.
Khakim, M. E. (2023). Peningkatan Literasi Numerasi Porogapit Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Porogapit Board Pada Murid Kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional. Vol. 1 No. 1, 8-12.
Kurnia, S. I., Putriani, I., & Fauzi, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM) berbasis android untuk murid sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar). Vol. 5 No. 1.
Marliana, W., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pembagian Kelas 4 di SDN Ranji. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 01.
Nurfadhilah, W. O., Sentryo, I., & Sumarna, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Berbantuan Media Whiteboard Animation With Benime pada Murid Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 6 Nomor 1.
Nurmuhaemin, W. (2024, Juni 28). Tantangan PISA dan Aksesi OECD Indonesia. Retrieved from detikNews: https://news.detik.com/kolom/d-7413119/tantangan-pisa-dan-aksesi-oecd-indonesia
Styono, T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Berbantuan Mobile Pocketbook dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Skripsi Sarjana Universitas Muhammadiyah Magelang.
Utami, L. P., Azizah, M., Sari, J. N., & Raondah, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Murid Kelas III SDN Glonggong. Optimalisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PTK.
Wulandari, I., & Harsiwi, N. E. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Luar Biasa Al Khariq. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial. Vol. 2 No. 5, 246-256.
Zildjianshi, D. A., Sutiyono, A., & Lestari, Y. D. (2022). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Murid Kelas III SDS Swadhipa Bumisari Natar Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahamurid Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bandar Lampung.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Chantika Restu Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License