Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di MIN V Kota Palangka Raya

Sri Afni Aisyah, Abdul Azis, Setria Utama Rizal

Abstract


Evaluasi merupakan salah satu komponen dan tahapan penting yang harus dilakukan guru untuk menentukan efektivitas pembelajaran. Hasilnya dapat digunakan sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki dan menyempurnakan rencana dan kegiatan pembelajaran mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian pembelajaran di MIN V Kota Palangka Raya. Mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi di MIN V Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan objek penelitian berjumlah 7 orang, meliputi guru III A, III B, IV A, IV B, Wakil kepala madrasah dan kepala madrasah. Penelitian ini Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan perekaman/dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN V Kota Palangka Raya sebelumnya menggunakan tes tertulis lembar soal dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Namun, selama pandemi COVID-19, kelas III A, III B, IV B, dan V dievaluasi secara online melalui CBT (computer-based testing). Namun di kelas IVA guru tidak menggunakan CBT, melainkan tetap menggunakan penilaian manual melalui lembar soal. Alasannya agar siswa memiliki rasa tanggung jawab. Jika menggunakan WhatsApp atau CBT guru guru menganggap siswa hanya fokus bermain, karena siswa secara tidak langsung bermain di handphone.


Keywords


Evaluasi; Implementasi; Belajar

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arifin, Z. (2015). Evaluasi Pembelajaran. In Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Asrul, Saragih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Dani. (2012). Evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran praktik las lanjut di smk muhamadiyah prambanan skripsi. Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Praktik Las Lanjut Di Smk Muhamadiyah Prambanan Skripsi.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hermawan, A. O. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten (Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005

Ismail, M. I. (2020). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=aUvODwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=%5BBUKU%5D+Asesmen+dan+evaluasi+pembelajaran&ots=NBK8gYQIeF&sig=WtpQOZZ3DMehvrtkee1lOyuE_7M&redir_esc=y#v=onepage&q=%5BBUKU%5D Asesmen dan evaluasi pembelajaran&f=false

Junaedi, F., Rahman, T., Sudiwijaya, E., & Al, E. (2020). Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19.

Lestari, D., Musadad, A. A., & Wahyuni, S. (2019). Penggunaan Computer Based Test (CBT) sebagai Sarana Evaluasi dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Penilaian. Jurnal CANDI, 19(1), 29–39.

Magdalena, I. (2021). Desain Evaluasi Pembelajaran SD (H. Wijayanti, Ed.). Sukabumi: CV. Jejak Anggota IKAPI. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OvQ4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=%5BBUKU%5D+Desain+Evaluasi+Pembelajaran+SD&ots=Vgr8lr4il4&sig=hT1heJo7MQD9pZQHe-kTt_GPeRI&redir_esc=y#v=onepage&q=%5BBUKU%5D Desain Evaluasi Pembelajaran SD&f=false

Mardiyah, & Ainatul. (n.d.). Pemanfaatan media pembelajaran Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Repository of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/12441/

Musrawan, & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1.

Reni Romadhona. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDLBN Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Saptadi, N. T. S., Alwi, M., Maulani, G., Novianti, W., Muhammadiah, M., Agustina, Y., & Susilawati, E. (2024). Revolusi Pendidikan : Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) (S. Nurmela, Ed.). Banten: PT Sada Kurnia Pustaka dan Penulis. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ty_vEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA41&dq=BAB+4+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+KOMPETENSI&ots=5dRuzVfZfD&sig=3y3ndCsiR-aFHRmEPwIXXAtbLtQ&redir_esc=y#v=onepage&q=BAB 4 MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI&f=false

Sari, R. M., Jennah, R., & Rizal, S. U. (2021). The Implementation of Learning Assessment During The Covid-19 Pandemic on TK Islam Darussalam Palangkaraya. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 238–250. https://doi.org/10.24235/AWLADY.V7I2.8393.G3942

Sukmawati, H. (2021). Komponen-Komponen Kurikulum Dalam Sistem Pembelajaran. Ash-Shahabah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 62–70. https://doi.org/10.59638/ASH.V7I1.403

Syahrul, S., Fathahillah, F., & Kaswar, A. B. (2019). Evaluasi pembelajaran menggunakan model Computerized Based Test (CBT). Seminar Nasional Pengabdian …, 317–319. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11355

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Lestari, D., Musadad, A. A., & Wahyuni, S. (2019). Penggunaan Computer Based Test (CBT) sebagai Sarana Evaluasi dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Penilaian. Jurnal CANDI, 19(1), 29–39.

Mardiyah, & Ainatul. (n.d.). Pemanfaatan media pembelajaran Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Repository of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. Retrieved from http://repository.uin-malang.ac.id/12441/

Musrawan, & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1.

Sari, R. M., Jennah, R., & Rizal, S. U. (2021). The Implementation of Learning Assessment During The Covid-19 Pandemic on TK Islam Darussalam Palangkaraya. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 238–250. https://doi.org/10.24235/AWLADY.V7I2.8393.G3942

Sukmawati, H. (2021). Komponen-Komponen Kurikulum Dalam Sistem Pembelajaran. Ash-Shahabah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 62–70. https://doi.org/10.59638/ASH.V7I1.403

Syahrul, S., Fathahillah, F., & Kaswar, A. B. (2019). Evaluasi pembelajaran menggunakan model Computerized Based Test (CBT). Seminar Nasional Pengabdian …, 317–319. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11355

Reni Romadhona. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDLBN Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Dani. (2012). Evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran praktik las lanjut di smk muhamadiyah prambanan skripsi. Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Praktik Las Lanjut Di Smk Muhamadiyah Prambanan Skripsi.

Hermawan, A. O. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten (Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Afni Aisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License