Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Siswa MI NU Miftahul Falah

Muhamad Abdurozaq, Erna Risfaula

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis, mengembangkan dan menguji kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis lectora inspireterhadap hasil belajar siswa MI NU Miftahul Falah Undaan Tengahpada materi siklus air; Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Sugiyono dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli media pembelajaran mengadakan peniliaian, dengan hasil nilai menunjukkan bahwarata-ratanilai media pembelajaran berbasisLectora Inspire inisebesar84,25 %yangtermasukdalamkategori layakuntuk digunakan; 2) Hasil validasi ahli materi pembelajaran mengadakan penilian dengan hasil nilai menunjukkan rata-rata nilaimedia pembelajaran lectora inisebesar76%yangtermasukdalam kategorilayakuntuk digunakan; 3) Hasil validasi praktisi lapangan (guru), dengan hasil nilai menunjukkanrata-ratanilaimediapembelajaran lectora ini sebesar 80%yang termasuk dalamkategori layak untuk digunakan; 4) Sedangkan hasil Uji Coba Terbatas (Kecil)media pembelajaran berbasisLectora Inspire adalah 82 % layak digunakanatauditerapkan padakelompokterbatas (kecil) dan hasil Uji Coba Luas (Besar)media pembelajaran berbasisLectora Inspire adalah 89 % dan layak digunakanatauditerapkan padakelompokyangluas (besar); 5) Uji Efektifitas berdasarkan Uji Wilcoxon karena nilai 0.000 lebih kecil dari < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya ada perbedaan antara hasil belajar IPA untuk pretest dan posttest sehingga dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh pengembangan media pembelajaran

Keywords


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengembangkan dan menguji kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis lectora inspire terhadap hasil belajar siswa MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah pada materi siklus air; Penelitian ini menggunaka

Full Text:

PDF

References


Awan, K. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Dalam Pembelajaran Metematika (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, dalam jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I, 34.

Dodi, N. (2016). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pendidikan Bagi Anak Usia Dini dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 1(2), 154-167.

Nugraha, A. (2019). Pentingnya pendidikan berkelanjutan di era revolusi indutri 4.0. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(1).

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan e-modul dengan sistem project based learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-25.

Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2021). Manajemen Pendidikan Dalam Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital. Tampung Penyang, 19(1), 45-59.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46–55

Soraya, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Lectora Inspire Pada Materi Sistem Hormon Di Sma Negeri 11 Jakarta (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Sugiyono; (2013). E-Book Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD(Bandung).Alfabeta//elibrary.stikesghsby.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3 D1879%26keywords%3D

Tahir, W. (2017). Pengembangan manajemen sumber daya manusia terhadap peningkatan mutu pendidikan. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 1-14.

Tambunan I.RS. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Kelas X Di Smk Swasta Imelda Medan, dalam jurnal Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.9 No.1, 26

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281-288.

Widiastuti, A. (2015). Pengembangan Multimedia Lectora Pada Pembelajaran Tematikintegratif Berbasis Character Building Bagi Siswa Kelas Iv SD, dalam jurnal pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 2, 234

Zuhri, M. S. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sma Kelas X, dalam jurnal pendidikan PYTHAGORAS, vol 5 No. 2, 114




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v4i6.344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhamad Abdurozaq, Erna Risfaula

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License