Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Bandongan

Rina Budiyati, Sa'adi Sa'adi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menemukanstrategi, faktor pendukung dan penghambat serta upaya mengatasi hambatan penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan Kota Magelang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yakni pengamatan dan wawancara. Sumber data primer adalah waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Sementara sumber sekunder merupakan dokumen di lokasi penelitian yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, nonparticipant observation, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMK Muhammadiyah Bandongan menggunakan model project based learning metode diskusi dan media video. Nilai-nilai yang sudah diterapkan dalam pembelajaran PAI di sekolah tersebut yakni Tawassuth (mengambil jalan tengah), I’tidal (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Syura (musyawarah), Ishlah (reformasi), qudwah (kepeloporan), muwathanah (kewargaan/cinta   tanah   air), al-laa’unf (anti kekerasan), i’tibar al-‘urf (ramah  budaya) (2) Faktor yang mendukung penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan Kota Magelang yakni dari dukungan dari banyak pihak, peran guru PAI dan model pembelajaran yang menarik, sedangkan penghambatnya adalah kondisi peserta didik, lingkungan, fasilitas dan belum adanya kurikulum moderasi beragama (3) upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan moderasi beragama pada pembelajaran PAI adalah dengan adanya laboratorium agama, pendampingan dan kurikulum moderasi beragama.


Keywords


Moderasi Beragama, Pembelajaran, Pedidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Aprilianto, R. N., & Arief, A. (2020). Sekolah Adiwiyata Dalam Dimensi Karakter Dan Mutu Pendidikan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6, 776-83.

Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2018). Analisis gaya belajar siswa untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65-74.

Duddin, M. D. H., & Alwiyah, N. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 (Doctoral dissertation, UIN RADEN MAS SAID).

Handayani, P. (2016). Kebijakan sekolah untuk mengantisipasi diskriminasi minoritas di SMA N 1 Muntilan. Mengelola keragaman di sekolah: Gagasan dan pengalaman guru, diedit oleh Suhadi, Linah Khairiyah Pary, Fardan Mahmudatul Imamah, dan Marthen Tahun, 99-108.

Hasibuan, A. T., Ananda, F., Mawaddah, M., Putri, R. M., & Siregar, S. R. A. (2022). Kreativitas Guru Menggunakan Metode Pembelajaran Pkn Di Sdn 010 Hutapuli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9946-9956.

Hendi, H., Cholifah, M., Budi, T. M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Kontra Strategi dalam Pengenalan Moderasi Beragama Al-Tawassuth Al-Diiniy:(Mengenal Kecenderungan Beragama Al-Tatharruf Al-Diiniy). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1531-1539.

Hidayat, W. N., & Nursikin, M. (2023). Konsep pendidikan nilai menurut ki hadjar dewantara dan nicolaus driyarkara. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 1-8.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.

Mashuri, S., & Syahid, A. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Multikultural.

Maulidan, A. C., & Darmawan, W. (2024). Implikasi Multikulturalisme dalam Pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Persatuan Indonesia. Jurnal Artefak, 11(1), 49-64.

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.

Nugroho, M. A. (2016). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Sebuah Upaya Membangun Pemahaman Keberagamaan Inklusif pada Umat Muslim. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 31-60.

Nugroho, B. T. A., & Hidayat, W. N. (2019). Generasi Muslim Milenial Sebagai Model Islam Wasatiyyah Zaman Now. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 7(1), 32-50.

Prihantini, P. (2014). Kajian ide Kurikulum 2013 Paud dan implikasinya dalam pengembangan Ktsp. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).

Putri, S. N. A., & Fadlullah, M. E. (2022). Wasathiyah (Moderasi Beragama) Dalam Perspektif Quraish Shihab. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(1), 066-080.

Ramadhan, F. A., & Usriyah, L. (2021). Strategi Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Multikultural pada Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 59-68.

Rasyid, A. R., Raffli, A., Aditya, A., Rahmadani, S., Hania, Y., & Qiran, Z. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pancasila Di Masyarakat. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3648-3655.

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian anak usia dini menurut pandangan guru dan orang tua. Edukid, 16(2), 121-29.

Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan media audio visual dan media gambar pada siswa kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2).

Sholihah, H. N., & Misbah, M. (2024). Pembelajaran PAI Berwawasan Integratif-Inklusif Dalam Pencegahan Radikalisme. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 1073-1083.

Siagian, N., Albina, M., Lestari, A., & Mazid, M. (2023). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural (Manifestasi Manusia Cerdas sebagai Insan Kamil). Cemara Education and Science, 1(4)

Wardani, D. S. (2020). Usaha peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui model problem based learning di kelas V SDN Babatan V/460 Surabaya. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(4), 104-117.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rina Budiyati, Sa'adi Sa'adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License