Strategi Penanaman Sikap Jujur dan Tanggung Jawab Melalui Pendidikan Agama Islam Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kedungpane Semarang

Mala Hilma Ulya, Sa'adi Sa'adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambatan sikap jujur dan tanggung jawab melalui pendidikan agama Islam pada warga binaan di Lapas Kelas I Kedungpane Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang melibatkan narasumber Kepala Lapas, pembimbing atau konselor Lapas dan warga binaan. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penerapan penanaman sikap jujur dan tanggung jawab melalui pendidikan agama Islam pada warga binaan adalah memberikan bimbingan keagamaan seperti tausiyah, sholat berjamaah, yasin dan tahlil, baca tulis al-Qur'an, dan fasholatan. Evaluasi dilaksanakan dengan proses pelaksanaan kegiatan pendidikan agama Islam serta dengan melibatkan wali atau tamping dari masing-masing karyawan untuk membantu mengobservasi warga binaan serta memberi tanggapan hasil penilaian sikap jujur dan tanggung jawab dalam kegiatan tersebut. Faktor pendukungnya diantaranya adalah program kegiatan keagamaan yang matang dan fasilitas yang mampu, faktor penghambat kurangnya antusiasme warga binaan dan kurangnya tenaga pembina .

Keywords


sikap jujur; tanggung jawab; pendidikan agama islam

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2019). Menanamkan Nilai Kejujuran Sebagai Revolusi Mental Pada Generasi Penerus Bangsa. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 101-108.

Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan karakter hormat dan tanggung jawab pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599-605.

Budio, S. B. S. (2019). Strategi manajemen sekolah. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 56-72.

Cahyani, H., Asikin, M., & Hengky, H. K. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi masalah kesehatan mental pada narapidana narkoba di rutan kelas IIb Sidrap. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(1), 43-52.

Darussalam, A. (2016). Indahnya Kebersamaan Dengan Shalat Berjamaah. Jurnal Tafsere, 4(1).

Emqi, M. F. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Mental Narapidana (Studi Multikasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang Dan Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II-A Malang). J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Fauzi, M. (2016). Penguatan Kapasitas Sdm Ta’mir Masjid Attaubah Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Semarang Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembinaan Keagamaan Bagi Narapidana. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 14(1), 119-158.

Güngör, S. K., & Güzel, D. B. (2017). The Education of Developing Responsibility Value. Journal of Education and Training Studies, 5(2), 167-179.

Hadiawati, L. (2017). Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Shalat (Penelitian Di kelas X dan XI SMK Plus QurrotaAyun Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 18-25.

Hidayat, W. N., & Malihah, N. (2023). Implementasi Beberapa Teori Belajar Dalam Aplikasi Sholat Fardhu (Studi: Teori Koneksionisme Edward L. Thorndike, Teori Belajar Medan Kurt Lewin, dan Teori Kondisioning Ivan Pavlop di Masjid Al-Ikhlas Sarirejo). Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-10.

Hilman, D. P., & Indrawati, E. S. (2018). Pengalaman menjadi narapidana remaja di Lapas Klas I Semarang. Jurnal Empati, 6(3), 189-203.

Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257-264.

Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257-264.

Juwita, R., & Asep Munajat, E. (2019). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi. Jurnal utile, 5(2).

Kholilurrohman, K. (2014). Mensinergikan Semangat Mujahadah, Ijtihad, Dan Jihad Di Indonesia. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah, 15(1), 67-82.

Kusuma, Y. (2018). Model-model perkembangan pembelajaran BTQ di TPQ/TPA diIndonesia. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1).

Malihah, N., & Wijayanto, A. (2019). Implementasi Kurikulum Pembinaan Pendidikan Agama Islam di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Salatiga. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(2), 349-370.

Mif Ullah, S. (2018). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI BACA TULIS AL-QUR’AN DI MI MANNA WASSALWA. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Muhajarah, K. (2019). WAJAH ANAK LAPAS: Pendidikan Agama dan Keberagamaan Anak Didik Pemasyarakatan di Lapas Kedungpane Semarang. UIN Walisongo Semarang.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. FONDATIA, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409

Ningrum, A. P., Dewi, N. A., Apriyanti, I., & Tambunan, R. R. (2020). Mengenal Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 6(1), 51-56.

Nugroho, B. T. A., & Hidayat, W. N. (2019). Generasi Muslim Milenial Sebagai Model Islam Wasatiyyah Zaman Now. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah, 7(1), 32-50.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33-41.

Nuriyah, N. (2016). Evaluasi pembelajaran: sebuah kajian teori. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Nuryati, H. (2018). Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa SMA Negeri Piyungan Kabupaten Bantul (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Pawah, E. D. (2021). Strategi Pembinaan Keagamaan Bagi Narapidana Muslim Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sanana Kabupaten Kepulauan Sula. JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 11-24.

Pelani, H., Rama, B., & Naro, W. (2018). Kegiatan keagamaan sebagai pilar perbaikan perilaku narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Sungguminasa Gowa. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 444-458.

Raihanah, R. (2019). Konsep Kejujuran Dalam Al-Qur’an (Studi Pada Pedagang Pasar Sentral Antasari Banjarmasin). Al-Iqtishadiyah: Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, 4(2), 160-174.

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar (Perspektif psikologi barat dan psikologi Islam). AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 36-54.

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar (Perspektif psikologi barat dan psikologi Islam). AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 36-54.

Rosita.(2022). Strategi Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Keagamaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii B Kabupaten Cilacap (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mala Hima Ulya, Sa'adi Sa'adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License