Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Petualangan Berbasis Android pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Bentuk Energi

Ade Tia Indriani, Maslikhah Maslikhah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan ADDIE. Jumlah subjek penelitian adalah 20 peserta didik. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) kebutuhan pengembangan media pembelajaran bagi peserta didik dan guru meliputi kebutuhan media pembelajaran yang mampu menjadikan peserta didik menjadi lebih aktif, percaya diri, mampu mengamati, mampu memecahkan masalah, tidak mudah menyerah, menjadi lebih teliti, memiliki keingintahuan yang besar serta menjadikan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menantang untuk meningkatkan hasil belajar; 2) bentuk pengembangan media pembelajaran game edukasi petualangan berbasis android pada mata pelajaran IPA materi perubahan bentuk energi yaitu identitas dalam media pembelajaran dilengkapi dengan menambahkan kelas, pada menu utama dilengkapi dengan kompetensi dasar (KD) dan tujuan pembelajaran, pembuatan simulasi atau animasi ilustrasi pada materi sehingga lebih jelas dan menarik, serta perbaikan pada audio; dan 3) media pembelajaran game edukasi petualangan berbasis android terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi perubahan bentuk energi (uji independent sample t test , p = 0,000 < 0,05).


Keywords


pengembangan media pembelajaran; game edukasi petualangan; perubahan bentuk energi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I., & Widodo, W. (2017). Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(2), 57-63.

Andini, M., & Yunianta, T. N. H. (2018). The Development of Borad game “The Adventure Of Algebra” in The Senior High School Mathematics Learning. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 95-109.

Anggraini, A. F. (2016). Aplikasi Game Edukasi Petualangan Nusantara. Prosiding Sentia, Volume 8, 170-171.

Firdaus, Y. A., & Yermiandhoko, Y. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi “Petualangan Si Isaac” Berbasis Android Pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 8(2), 240-249.

Freitas, S. D. (2018). Are Games Effective Learning Tools? A Review of Educational Games. Journal Educational Technology & Society, 21(2), 74-84.

Hidayat, W. N., Nurlaila, N., Purnomo, E., & Aziz, N. (2023). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) in Islamic Religious Education in the Digital Era. Al Hikmah: Journal of Education, 4(1), 93-106.

Hidayat, W. N., Nursikin, M., M.A Musthofa (2023). Konsep pendidikan nilai menurut ki hadjar dewantara dan nicolaus driyarkara. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(1), 1-8.

Hisbullah, S. P., & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Penerbit Aksara TIMUR.

Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72-89.

Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 Berbasis Android. Jurnal Emitor, 19(2), 88-90.

Pribadi, B. A. (2010). Model desain system pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Saputro, B. (2011). Manajemen Penelitian dan Pengembangan Research & Development bagi penyusun tesis dan disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sun, H., & Gao, Y. (2016). Impact of an active educational video game on children’s motivation, science knowledge, and pgysical activity. Journal of Sport and Health Science, Volume 5, 239-245.

Syamsuddin, A. (2019). Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 25-36.

Widiawati, N. P., Pudjawan, K., & Margunayasa, G. (2015). Analisis Pemahaman konsep dalam Pelajaran IPA pada Peserta didik Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. E-Journal PGSD universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-11.

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1029.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ade Tia Indriani, Maslikhah Maslikhah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License