Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar

Juliasih Juliasih, Desri Arwen, Ferry Perdiansyah

Abstract


Guru memainkan peran penting dalam pendidikan, terutama dalam interaksi langsung dengan siswa selama pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar, termasuk variasi pembelajaran. Jika guru tidak mampu melakukan variasi, siswa dapat merasa bosan dan kurang memperhatikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru kelas IV SDN Kampung Bambu I dalam mengadakan variasi pembelajaran Matematika dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, kontak pandang, gerakan badan dan mimik wajah, serta perpindahan posisi. Dan menggunakan pola interaksi secara klasikal, kelompok, dan perorangan. Namun, pada penggunaan media pembelajaran kurang bervariasi, terbatas pada benda konkret dari lingkungan sekitar atau kehidupan sehari-hari, dan jarang menggunakan media berbasis teknologi seperti infokus dan komputer karena beberapa kendala. Kendala utama termasuk teknologi sebagai tantangan yang cukup sulit bagi guru dan kesulitan guru dalam menjaga motivasi belajar siswa. Disarankan agar guru berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk meningkatkan keterampilan teknologi dan terus meningkatkan keterampilannya dalam mengadakan variasi pembelajaran guna menjaga antusiasme siswa.

Keywords


guru, keterampilan dasar mengajar, microteaching, sekolah dasar, variasi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). CV. syakir Media Press.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In M. Fadhli (Ed.), CV. Pusdikra MJ. CV. Pusdikra MJ.

Arqam Madjid. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(1), 1–10.

Elvira, Neni Z, D. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 353. https://journal.citradharma.org/index.php/eductum/indexDOI:https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767%0Ahttps://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Fauzi, A., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian. In E. Safitry (Ed.), Suparyanto dan Rosad (2015. CV Pena Persada.

Hidayat, A. N., Rojak, A., & Saputra, W. R. (2023). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6048. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2531

Liani, A., Seran, E. Y., & Subekti, M. R. (2021). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN 12 Sepan Mengaret. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(2), 12. https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.131

Rusydiyah, E. F. (2020). Media Pembelajaran Problem based learning. In Emergency Medicine Journal. UIN Sunan Ampel Press.

Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Mikro (U. Yelianti, S. Ferdiaz, A. Habibi, & B. Indrayana (eds.)). Salim Media Indonesia.

Samosir, A., & Awalia, N. (2022). Analisis Keterampilan Guru Menggunakan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di Sekolah dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 218. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/32398

Wahyuni, N. (2022). Mengembangkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pada Sekolah Dasar Di Kelas Rendah. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(4), 432. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.37125




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Juliasih Juliasih, Desri Arwen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License