PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH

Rahmat Danni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen higher order thinking skills Bahasa Arab tingkat Madrasah Aliyah di Provinsi Kep. Bangka Belitung. Instrumen dikembangkan mengacu Model pengembangan Oriondo & Antonio. Sampel penelitian berjumlah 500 peserta didik kelas XI dari tiga Madrasah Aliyah yang ditentukan menggunakan Multistage random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instruman higher order thinking skills terbukti valid dan reliabel sehingga layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hal ini dibuktikan dari perolehan rerata indeks validitas isi instrumen melalui expert judgement yaitu sebesar 0,97. Hasi uji coba instrumen secara empirik menunjukkan reliabilitas items sebesar 0,93 dan reliabilitas persons sebesar 0,71, Outfit mean square (MNSQ) di rentang 0,87 – 1,59, Outfit Z-standard (ZTSD) berada di rentang -1,9 – 1,9, dan Point measure correlation di rentang 0,52 – 0,66 serta tingkat kesukaran butir tergolong sedang dengan rentang -1,9 sampai 2,46. Dengan demikian Instrumen HOTS bahasa Arab yang dikembangkan terbukti valid dan layak digunakan untuk mengukur HOTS bahasa Arab peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v3i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmat Danni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License