Analisis Wordwall sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Menumbuhkan Daya Tarik Belajar Siswa Kelas II SDN Pandeanlamper 03 Semarang

Fatma Latifatul Shaleha, Kartinah Kartinah, Estiyani Estiyani, Ngurah Ayu Nyoman Murniati

Abstract


Semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan, termasuk guru, perlu mengadaptasi perkembangan teknologi sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Diperlukan inovasi agar kegiatan pembelajaran tidak monoton dan mampu menarik minat siswa terhadap materi pelajaran, karena hal ini berpengaruh pada pencapaian tujuan pembelajaran yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi terhadap tiga siswa kelas II A di SDN Pandeanlamper 03 Semarang sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall menghasilkan perubahan sikap dan perilaku positif pada siswa, terutama dalam meningkatkan keaktifan dan minat belajar mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Wordwall efektif dalam meningkatkan daya tarik belajar siswa di tingkat Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pelngembangan apllikasi BlEAT (Blelajar Asyilk Telntang) Pendlidikan Agamla Isllam untluk menlingkatkan haslil bellajar pendlidikan agamla islalm sislwa Slekolah Daslar. Jurnal Basicedu Vol, 6(3).

Afifah, N., & Harltatik, S. (2019). Pengarluh Meldia Permlainan Ular Tanglga terhadap Motivasi Belaljar plada Plelajaran Mlatematika Kellas II SD Kemlala Bhaylangkari 1 Surablaya. MUST: Jlournal of Mathelmatics, Science and Technology, 4(2), 209–216.

Aini, N., & Asrorl, M. (2022). Impllementasi Pelnguatan Penldidikan Kalrakter Di Malsa Pemlbelajaran Jarlak Jauh (Pjj) Pada Jenljang Sd/lMi. Jurnall Review Penldidikan Dasar: Jurnal lKajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 16–24.

Aprillia, M., Subagio, P. R., Pembalyun, S., & Aeni, A. N. (2023). Pengglunaan Vidleo Anilmasi Powtloon Untluk Menlteladani SlHATAFAT (sidiq, almanah, tablligh, fathlonah) Bagi lPeserta dildik SD. Jurnall Pendidikan Dlan Teknologi Indonesia, 3(4), 141–149.

Arrosyad, lM. I., & Nulgroho, F. (2021). Penglembangan Moldel Pemblelajaran Memlbaca dan Numelrasi di Tenglah Evlolusi Kolnsep Literasi. Jurlnal Basicedu, 5(6), 6378–6384.

Arroslyad, M. I., & Nulgroho, F. (2022). Pengelmbangan Digital Tranformasi Rlole Pllaying Gamles (RPG) Base Llearning pada Pendildikan Kemuhlammadiyah Sekollahl Dasar. Jurnall Basicedu, 6(3), 3462–3472.

Azizah, H. N. (2020). Penilngkatan Pengluasaan Kosakalta Bahlasa Aralb Melaluli Penglgunaan Medial Wordl Wall. ALSUNIYAT: Jurnal lPenelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 1–16.

Bachryl, H., Yuwono, J., & Ultami, Y. T. (2018). Pelnlggunaan medllia world wallll unltuk mleningkatkan kemlamlpuan menlulis tegalk bersalmbung (Stuldi singlle sublject reselarch padla sislwla tunarlulngu klelas III Di SKlh Nelgeri 02 Kota Selrang Blanten). Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Bliasa, 3(1).

Fauqannuri, I. R. (2022). Peneralpan Meldlia Berlblasis Wordlwall dalalm Menlilngkatkan Motilvlasi dlanl Hasill lBlelajar Sislwa Klelas VII B Maltla Pellajaran Pelnldidikan Agllama Isllam di SMPN 2 Panjli Situlbonldo Talhlun Pellajaran 2021/2022. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Hadad, M. K., Kartinah, K., Pralmasdyahsari, A. S., & Istikomah, A. (2023). Pengellmbangan Meldia Hamlpers Aslelan palda Mlalta Pelajarlan IPS Sisllwa Kellals 6 SD Suplrilyadi Semlaralng. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4390–4396.

Hidayah, N. C., & Fajriyah, K. (2023). ANlALISIS MINAT BELAJlAR SISWA MELlALUI MlEDIA GAlMBAR SISWA KElLAS 2 SDN SAlWAH BESAR 01. lDidaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3966–3976.

Kholfadina, K. (2022). Penggunaan Educandy dan Dampaknya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 259–265.

Nurjanah, N. E. (2020). Pemblelajaran stelm berblasis loose palrts untuk mleningkatkan kreativitlas analk usia dlini. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi Paud, 5(1), 19–31.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(11), 806–811.

Setiawati, T., Pranata, O. H., & Hallimah, M. (2019) l. Pengembanlgan Media Permainan Plapan plada Pemlbelajaran IPSl untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDAlDIDAKTIKA: Jurnal Ilmilah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174.

Sugiono. (2018). Metode Penellitian Kuantiltatif Kualiltatif dan R&D. Bandung: Remaja Rosydakarya.

Tanama, J., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2023). Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesial delngan Aplikasi Canva luntluk Meningkatkaln Semangat Bellajar Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 71–83.

Widyardi, T., Sulianto, J., & Klurniasari, N. (2023). Pemanlfaatlan Mledia Pelmbelaljaran Powerpoillnt terhlaldap Hlasil Belllajar Kelals 4 di SD Negelril Sawlah Besalr 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4567–4573.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatma Latifatul Shaleha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License