Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Project Based Learning Materi Cuaca, Musim dan Iklim di Sekolah Dasar

Gina Nurjanah, Nissa Mawarda Rokhman, Akmal Rijal

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 3 SDN Biru 01 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi cuaca, musim, serta iklim. Siswa kurang aktif dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode project based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Biru 01 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung tahun ajaran 2024/2025 pada pembelajaran IPA terkait materi cuaca, musim, serta iklim. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas 3 yang terdiri dari 23 siswi dan 12 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan selama dua siklus dengan membandingkan hasil belajar pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar tes dan lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif mencakup perhitungan rata-rata dan persentase hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran pada setiap siklus dan dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada tahap prasiklus adalah 20% dengan nilai rata-rata 51. Pada siklus I meningkat menjadi 62% dengan nilai rata-rata 70, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85% dengan nilai rata-rata 77. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Biru 01 dalam pembelajaran IPA materi cuaca, musim, dan iklim. Disarankan agar metode ini digunakan secara berkesinambungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar lainnya.

Keywords


hasil belajar; project based learning; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Afnan, D., Astuti, P., Tyas, A., Hardini, A., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Wacana, K. S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Model Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Secara Daring Kelas V SD. Jurnal Education and Davelopment Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 9(2), 96–100.

Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2).

Dewi, C. P., Nugroho, A. A., Damayanti, A. T., & Sari, K. K. (2023). Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4660–4665.

Farhin, N., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan" project based-learning". Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2).

Fatimah, S., Anggraini, R., & Riswari, L. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 319–326.

Hasanah, L. W., Silalahi, H., & Utama, N. B. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1 SE-), 237–258. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1064

Indriana, I., Rijal, A., & Febriandi, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN CERDAS PERKALIAN PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 3(1 SE-Articles). https://doi.org/https://doi.org/10.31540/pejs.v3i1.2062

Mahendra, F. E., Sundari, S., Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 540–545.

Mukhlisin, A., Salam, R., & Hamkah, M. (2022). Peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model project based learning di sekolah dasar. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 3(1), 8–15.

Nency, T. (2023). Metode Project-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1107–1122.

Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).

Rahmi, R. P., Meli, N., & Kusdar, K. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 15(1), 102–110.

Ramadhanti, N., Sukmanasa, E., & Imaniah, R. S. (2023). Penerapan Model Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Satuan Waktu Siswa Kelas III Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(2), 304–316.

Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERORIENTASI STRATEGI PQ4R DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(2 SE-Articles), 355–371. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13

Sari, E. A., & Wahidin, W. (2023). Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 664-678.

Simaremare, J. A., Sihombing, L. N., Sirait, J., & Purba, N. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Jurnal Keguruan Sekolah Dasar, 3(2), 82–89.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871.

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2 SE-Articles), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332

Sutarmi, S. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Melalui Teknik Diskusi Dengan Metode Pbl (Problem Based Learning) Siswa. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(3), 182-191.

Tarisna, M. M., Suma, K., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektifitas E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2).

Yuniasih, E., Hadiyanti, A. H. D., & Zaini, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6670–6677.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gina Nurjanah, Nissa Mawarda Rokhman, Akmal Rijal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License