Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Project Based Learning Materi Cuaca, Musim dan Iklim di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnan, D., Astuti, P., Tyas, A., Hardini, A., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Wacana, K. S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Model Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Secara Daring Kelas V SD. Jurnal Education and Davelopment Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 9(2), 96–100.
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2).
Dewi, C. P., Nugroho, A. A., Damayanti, A. T., & Sari, K. K. (2023). Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4660–4665.
Farhin, N., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui penerapan" project based-learning". Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2).
Fatimah, S., Anggraini, R., & Riswari, L. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 319–326.
Hasanah, L. W., Silalahi, H., & Utama, N. B. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1 SE-), 237–258. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1064
Indriana, I., Rijal, A., & Febriandi, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN CERDAS PERKALIAN PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 3(1 SE-Articles). https://doi.org/https://doi.org/10.31540/pejs.v3i1.2062
Mahendra, F. E., Sundari, S., Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 540–545.
Mukhlisin, A., Salam, R., & Hamkah, M. (2022). Peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model project based learning di sekolah dasar. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 3(1), 8–15.
Nency, T. (2023). Metode Project-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1107–1122.
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).
Rahmi, R. P., Meli, N., & Kusdar, K. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 15(1), 102–110.
Ramadhanti, N., Sukmanasa, E., & Imaniah, R. S. (2023). Penerapan Model Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Satuan Waktu Siswa Kelas III Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(2), 304–316.
Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERORIENTASI STRATEGI PQ4R DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(2 SE-Articles), 355–371. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13
Sari, E. A., & Wahidin, W. (2023). Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 664-678.
Simaremare, J. A., Sihombing, L. N., Sirait, J., & Purba, N. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Jurnal Keguruan Sekolah Dasar, 3(2), 82–89.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871.
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2 SE-Articles), 250–256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332
Sutarmi, S. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Melalui Teknik Diskusi Dengan Metode Pbl (Problem Based Learning) Siswa. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(3), 182-191.
Tarisna, M. M., Suma, K., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektifitas E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2).
Yuniasih, E., Hadiyanti, A. H. D., & Zaini, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6670–6677.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Gina Nurjanah, Nissa Mawarda Rokhman, Akmal Rijal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License